Bermain di Luar Ruangan Kurangi Resiko Rabun Jauh

by
June 11th, 2012 at 4:55 pm

Peningkatan jumlah anak yang memakai kacamata karena menderita rabun jauh semakin tinggi. Sebuah penelitian dari para ahli di Queensland menyatakan jika anak-anak menghabiskan banyak waktu untuk bermain di luar rumah, maka sangat kecil resikonya untuk terkena rabun jauh di usia dini. Jika Anda tidak ingin anak Anda memakai kacamata, sebaiknya berilah kebebasan pada mereka untuk bermain di luar rumah lebih lama.

Para peneliti memang masih belum bisa menemukan hubungan antara bermain di luar rumah dan resiko terkena rabun jauh pada anak. Diduga kuat bahwa dengan bermain di luar rumah, anak-anak melakukan kegiatan fisik lebih banyak serta mendapat paparan sinar matahari lebih banyak. Konon katanya, apabila mata terkena pancaran sinar matahari, itu akan baik bagi kesehatan mata. Bukan berarti harus melihat langsung ke arah matahari lho.

Penelitian di Australia terkait kasus ini sedang dilanjutkan, khususnya penelitian di kota Brisbane yang sedang mengadakan penelitian selama tiga tahun untuk menemukan hubungan antara bermain di luar rumah dan kecilnya resiko terkena rabun jauh pada anak-anak. Dr. Scott Read yang bertanggung jawab atas penelitian tersebut memusatkan pencarian sampel acak untuk penelitiannya pada anak-anak dengan rentang usia 11 sampai 14 tahun yang memiliki mata normal dan juga rabun jauh.

Dr. Scott menambahkan bahwa pihaknya akan memilih anak-anak sekolah sebagai sampel penelitiannya karena biasanya pada anak-anak sekolah-lah rabun jauh biasanya terjadi. Peningkatan rabun jauh di Australia sangat signifikan yaitu mencapai 20-25 persen pada orang dewasa. Begitu juga yang terjadi di Asia, orang yang menderita rabun jauh meningkat hingga mencapai 80 persen.

Dr. Scott pernah terlibat dalam sebuah penelitian yang menemukan bahwa terjadi perubahan sementara/temporer pada mata ketika seseorang melakukan latihan fisik atau berolahraga. Oleh karena itu, penelitian yang baru ini akan dikaitkan pada penelitian Dr. Scott sebelumnya untuk menemukan alasan yang tepat dalam mengurangi resiko terkena rabun jauh pada anak apakah dikarenakan latihan fisik/berolahraga ataukah karena sering bermain di luar ruangan.

Comment di sini