Buku “Soegija 100% Indonesia” Temani Film “Soegija”

by
June 11th, 2012 at 1:27 pm

Soegia 100% IndonesiaSehari setelah film Soegija yang digarap Garin Nugraha mulai tayang di bioskop, buku Soegija: 100% Indonesia meluncur. Peluncuran buku karya Ayu Utami ini digelar di Kampus Unika Soegijapranata di Semarang. Acara digelar di Ruang Teater Thomas Aquinas, Gedung Thomas Aquinas, Lantai 3, Unika Soegijapranata dan dihadiri oleh Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ir Y Budi widianarka serta penulis-novelis, Ayu Utami.

Buku ini bercerita tentang Mgr Soegijapranata SJ, uskup pertama yang diangkat dari kalangan pribumi. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Sedangkan peluncurannya terselenggara berkat kerja sama antara Program Magister dan Perkotaan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah, dengan Kepustakaan Populer Gramedia.

Buku setebal 155 halaman ini dikemas oleh Ayu Utami dengan suasana yang melatarbelakangi kejadian-kejadian penting dalam kehidupan Soegija. Selain itu, buku yang dicetak sebanyak 15 ribu eksemplar ini juga memuat berbagai istilah teknis dalam gereja katolik beserta suasana sosial-politik yang melatarbelakanginya.

Sebagai tambahan, buku ini merupakan buah karya Ayu utami yang ditulis dalam waktu tersingkat. “Soegija 100% Indonesia ini saya tulis dalam waktu dua minggu, ditambah satu minggu mengedit, kemudian memilih dan melengkapi gambar-gambar,” ungkap penulis yang terkenal dengan novel Saman-nya, seperti dikutip dari Kompas.

Comment di sini