Euro 2012: Copet Turut Ramaikan Piala Eropa 2012

by
June 11th, 2012 at 1:19 pm
Piala_Eropa2

TRIBUNNEWS.COM/HUSEIN SANUSI

Ukraina kini tengah sibuk karena menjadi salah satu tuan rumah dalam perhelatan Euro 2012. Ajang ini menarik begitu banyak wisatawan asing yang berkunjung ke berbagai kota di Ukraina. Mereka datang untuk berlibur sekaligus mendukung tim favorit mereka.

“Di mana ada gula, di situ ada semut” mungkin pepatah yang cocok untuk menggambarkan keadaan di Kiev, Ukraina. Keramaian para wisatawan dan supporter dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan. Caranya tentu saja beragam, mulai dari yang legal seperti penjualan oleh-oleh, kaus tim kesayangan, dll. Hingga cara ilegal seperti penipuan dan pencopetan.

Tereza Amran, Kepala Bidang Penerangan Kedutaan Besar Indonesia di Kiev mengatakan rekannya menjadi korban pencopetan di sebuah mal di kota tersebut. Pelakunya saat itu ada dua orang dan keduanya berjenis kelamin perempuan. “Ibunya mengajak ngobrol sembari mendesak, ada kemungkinan yang ambil perempuan yang lebih muda,” ujar Reza seperti dikutip dari Tempo. Korban baru sadar dompetnya hilang setelah keluar dari toko.

Mereka juga mencari uang dengan melakukan sebuah trik atau tipuan. Staf KBRI Kiev, Prabowo Hilmawan, menceritakan tentang tipuan yang menimpa seorang wartawan televisi swasta asal Indonesia.

Saat melangkah keluar hotel, wartawan tersebut melihat sebuah dompet di tengah jalan. Ia pun tanpa pikir panjang mengambil dompet tersebut. Namun, secara mengejutkan seorang pria datang dan mengklaim bahwa dompet itu miliknya. Ketika dompet diserahkan, pria tersebut marah karena isinya kurang. Ia lalu memaksa wartawan tersebut untuk memperlihatkan dompetnya untuk diperiksa. Begitu dompetnya dibuka, pria tersebut langsung merebut isi dompetnya dan kemudian kabur.

Keadaan ini diperkirakan akan terus berlangsung selama Euro 2012. Ukraina merupakan tuan rumah dalam ajang ini bersama Polandia . Setidaknya akan ada 16 pertandingan diadakan di 4 stadion di Ukraina, termasuk partai final dan upacara penutupan.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini