Kabut Pagi Jakarta Ternyata Asap Kendaraan

by
June 11th, 2012 at 1:39 pm

Ada yang berbeda di langit Jakarta Senin (11/6/2012) pagi ini. Terlihat asap putih seperti kabut menyelimuti langit Jakarta. Namun, awan putih yang terlihat seperti kabut ini ternyata asap kendaraan bukan kabut yang ada di daerah pegunungan.

Menurut Kepala Bidang Informasi BMKG, Hadi Widiatmoko, kejadian yang terjadi di langit Jakarta ini biasa disebut sebagai cuaca kabur. Hal ini terjadi karena adanya infersi di lapisan atas sungsangan suhu.

“Jadi sebetulnya bukan kabut, yang kita lihat sekarang ini istilahnya cuaca kabur,” kata Widiatmoko seperti dikutip dari Vivanews, Senin (11/6/2012).

Widiatmoko menjelaskan, fenomena cuaca kabur ini terjadi akibat adanya kenaikan suhu udara di daerah tertentu. Akibatnya transportasi udara dari bawah ke atas permukaan terhambat. Dan akhirnya terbentuklah awan putih seperti kabut namun bukan kabut.

Menurutnya, cuaca kabur yang terjadi di Jakarta pagi tadi dikarenakan adanya asap dari knalpot kendaraan yang berlebih. “Disebabkan karena adanya emisi gas buang kendaraan yang tinggi bercampur dengan uap air dan membentuk smog (asap),” katanya.

Lain halnya dengan kabut yang memiliki kandungan air, asap cuaca kabur ini memiliki partikel kering berupa gas. Meski memiliki kandungan berbeda, kedua asap atau awan ini mempunyai efek yang sama yakni mengurangi jarak pandang manusia.

Karenanya, Widiatmoko menghimbau para pengguna kendaraan bermotor untuk berhati-hati. Selain menjaga jarak, pengendara juga diminta untuk menurunkan kecepatan jika fenomena ini kembali terjadi. Pasalnya, jarak pandang yang terganggu sering jadi penyebab kecelakaan.

Sementara itu, menurut pihak BMKG kondisi cuaca kabur ini hanya terjadi di sekitar Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat saja. Pasalnya di dua daerah tersebut kendaraan yang melintas di pagi hari sangat tinggi. Itulah sebabnya cuaca kabur bisa muncul.

Petugas Traffic Management Center (TMC) kota Jakarta mengingatkan agar warga berhati-hati. Khususnya bagi mereka yang menggunakan kendaraan bermotor tanpa lampu menyala. Kondisi cuaca kabur ini sangatlah berbahaya bagi pengendara.

Comment di sini