Koin Bantu Italia Juara Piala Eropa 1968

by
June 11th, 2012 at 2:07 pm

Ancient Greek Silver CoinSebelum tendangan penalti ditemukan, ada tiga cara untuk menentukan pemenang dari sebuah pertandingan sepakbola yaitu replay, play off, dan yang terakhir merupakan cara yang paling menyakitkan, undian koin. Uni Soviet merupakan tim terakhir yang terpaksa menjadi tim yang kalah karena undian koin.

Hanya berselang sekitar dua tahun sebelum ditemukannya tendangan penalti, Uni Soviet merasakan pahitnya undian koin saat bermain melawan Italia di partai semi final Piala Eropa 1968. Tepatnya pada 5 Juni 1968, Italia bertanding sebagai tuan rumah melawan Uni Soviet. Pemenang pertandingan tersebut akan bertarung melawan Yugoslavia untuk memperbeutkan gelar juara.

Uni Soviet tidak mampu mencetak gol hingga peluit tanda babak tambahan berbunyi pada menit ke-120. Padahal, Italia bertarung dengan 10 pemain setelah salah satu pemain mereka menderita cedera. Gianni Rivera, yang berperan sebagay playmaker, cedera di babak pertama sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan. Saat itu, peraturan tentang pergantian pemain memang belum ada. Namun, pertahanan Italia dengan 10 pemain begitu solid sehingga permainan berakhir imbang tanpa gol.

Sesaat setelah wasit meniup tanda akhir pertandingan, ia memanggil kedua kapten kesebelasan dan membawa mereka ke ruang ganti. Di sana, mereka akan menentukan pemenang pertandingan melalui undian koin. Pilihan Facchetti sebagai kapten tim Italia tidak salah. Ia memilih ekor, dan hasil undian koin tersebut menyingkirkan Uni Soviet dari Piala Eropa 1968.

Di babak final, Italia mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-0 melalui pertandingan Replay setelah bermain imbang pada pertandingan pertama.

Comment di sini