Terbukti, AIDS Bisa Disembuhkan!

by
June 11th, 2012 at 10:53 am

timothy-brownTimothy Brown saat ini masih segar bugar, padahal ia sudah berusia 46 tahun. Yaah, itu sih biasa. Masalahnya, Timothy dulu mengidap AIDS, dan sekarang sembuh!

 Pada 2007, Tim menjalani Transplantasi sel induk darah untuk mengobati leukimia. Setahun kemudian, leukimianya kembali, tapi ia sembuh dari HIV. Kini, harapan untuk sembuh bagi para penderita AIDS semakin terbuka lebar.

Aku merasa baik-baik saja,” ucap Tim seperti dikutip dari ABC News. Tim merupakan orang pertama di dunia yang sembuh dari AIDS. Hal ini merupakan buah dari transplantasi darah yang dilakukannya pada 2007. Tim pertama kali menyadari bahwa dirinya mengidap HIV tahun 1995. Ia terus berobat hingga akhirnya pada 2006, ia diketahui menderita leukimia.

Dr. Gero Huetter, seorang ahli kanker darah di Universitas Berlin, berencana untuk melakukan transplantasi sel induk darah pada Tim untuk mengobati leukimianya. Dr. Gero teringat bahwa pada  1995, ia pernah membaca tentang penelitian orang yang berinteraksi dengan HIV namun tidak terinfeksi.

Menurutnya,  ada orang-orang yang dalam dirinya memiliki mutasi genetik spesial yang membuat orang tersebut kebal terhadap HIV. Di antara seluruh ras kaukasoid (kulit putih) di dunia, hanya kurang dari 1% yang memiliki mutasi genetik tersebut, sedangkan ras-ras lain, persentasenya jauh lebih kecil.

Dr. Lawrence Petz, direktur di StemCyte, sebuah pusat jaringan bank darah, mengatakan bahwa di bank darah, akan mudah untuk menemukan darah dengan mutasi genetik. Tapi tidak semudah itu, Petz dan rekan-rekannya telah memeriksa lebih dari 17.000 sampel darah namun baru menemukan 102 sel darah yang memiliki mutasi genetik anti-HIV.

Mereka telah melakukan transplantasi sel induk darah terhadap seorang penderita HIV dan berencaa untuk melakukannya di Madrid tahun ini. Namun, butuh waktu berbulan-bulan untuk mengetahui apakah transplantasi tersebut akan memiliki efek positif.

Petz juga menambahkan bahwa proses transplantasi darah ini belum diterapkan secara khusus untuk mengobati AIDS tapi hanya untuk pasien-pasien yang memang dalam proses penyembuhan memerlukan proses transplantasi darah. Menyembuhkan AIDS bisa dianggap bonus yang luar biasa.

Hal itu (menyembuhkan AIDS) bisa dilakukan, tinggal tunggu waktu,” ucap Petz.

 

Comment di sini