Tifatul Sembiring: Tidak Ada SMS Gratis Itu Bagus, Tapi

by
June 11th, 2012 at 4:30 pm

Menkominfo Tifatul Sembiring mengungkapkan bahwa menurut dirinya, penerapan biaya untuk SMS lintas operator itu sudah dihitung sangat murah. Dirinya sangat menyayangkan sikap beberapa operator yang mengatakan bahwa biaya Rp 23 per SMS tersebut masih kemahalan. Karena itulah beliau mempersilakan operator-operator tersebut,untuk menerapkan kebijakan SMS gratis lintas operator, atau membebankan biaya Rp 23 per SMS ke konsumen.

Tifatul mengatakan bahwa sikap operator tersebut sangatlah berlebihan. “Biaya terminasi dinilai terlalu mahal? Kalau boleh saya katakan itu lima echo bravo alfa yengky alias lebay. Itu biaya terminasi tidak otomatis akan naik Rp 23 di konsumen dari yang biasanya Rp 0 itu,” ucap Tifatul, seperti dikutip dari Detikcom.

“Tidak ada SMS gratis itu bagus, tapi kalau operator mau meneruskan SMS gratis ya silakan. Kita tidak mengatur konsumen yang kita atur operatornya,” tambahnya.

Menurut Tifatul, dia yakin bahwa kebijakan ini akan bisa menyelesaikan beberapa persoalan sekaligus.

Ia menjelaskan, misalkan sebuah operator memiliki  pelanggan 5 juta orang, tentu jaringan yang mereka bangun itu kecil. Beda halnya dengan operator yang memiliki pelanggan 100 juta orang. Maka otomatis operator tersebut akan memiliki jaringan yang besar. Dari situ, mereka akan dibebani biaya operasional maupun pembangunan jaringan yang tidak sedikit. Karena itulah, beliau berharap dengan adanya penerapan sistem biaya ini, akan membantu para operator besar tersebut dalam perhitungan biaya jaringan mereka.

Comment di sini