5 Kebiasaan yang Tak Disadari Memicu Timbulnya Jerawat

by
June 12th, 2012 at 3:39 pm

Pal Science

Banyak yang bilang jerawat muncul karena masalah hormon. Biasanya jerawat muncul hanya pada orang-orang berusia remaja namun masih ada pula orang dewasa berusia 25 tahun ke atas  yang memiliki permasalahan jerawat.

Statistik mengatakan bahwa 1 dari 5 orang dewasa memiliki masalah dengan jerawat. Memang sulit mengenyahkan masalah yang satu ini namun perlu diketahui bahwa sebab kemunculan jerawat ini tidak hanya soal hormon saja.

Perlakuan yang tepat pada kulit bisa mencegah munculnya jerawat di wajah. Mau tahu caranya?

1. Stres

Stres memang berpengaruh pada kesehatan kulit. Ketika seseorang stres, dia akan memproduksi hormon stres atau kortisol yang merangsang produksi minyak berlebih dari kelenjar sebum di kulit. Kelebihan minyak ini akan bercampur dengan sel-sel kulit mati dan bakteri sehingga jerawat akan bertambah besar dan parah. Jika sering merasa capek dan lelah, sebaiknya segera mencari  jawaban untuk menghibur diri atau berceritalah pada teman agar membantu mengatasi stres.

2. Terlalu sering mencuci wajah menggunakan sabun yang keras

Jerawat ternyata tidak disebabkan oleh kotoran oleh karena itu mencuci wajah terlalu sering tidak ada gunanya, apalagi dengan menggunakan sabun yang keras dengan kandungan alkohol. Kondisi wajah malah bertambah parah karena produksi minyak lebih banyak. Gunakan sabun yang kandungannya lebih ringan dan gunakan air hangat. Usap dari garis rahang ke arah rambut, lakukan cukup sekali atau dua kali sehari. Jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu dan tepuk-tepuk lembut wajah dengan handuk untuk mengelapnya.

3. Memakai make up saat berolahraga

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh para wanita adalah membersihkan wajah setelah berolahraga padahal sebelum keringat mengucur deras wajah harus bersih tanpa sisa make up, debu, dan minyak. Walaupun memakai make up non-minyak namun tetap saja akan beresiko bahkan yang diklaim dermatologist tested pun bisa menimbulkan jerawat pada sebagian orang. Bersihkan wajah sebelum dan sesudah berolahraga.

4. Tidak rajin membasuh muka

Setelah beraktifitas fisik yang menyebabkan keringat, sebaiknya segera basuh muka. Apabila minyak bercampur dengan keringat di permukaan kulit bisa jadi jerawat akan timbul setelahnya karean campuran ini menyumbat pori-pori wajah. Apabila merasa tidak sempat mencuci wajah, segera usap dengan handuk atau tisu dan berganti pakaian karena jerawat juga dapat tumbuh di tempat yang tidak terduga.

5. Sering menyentuh dagu dan pipi

Kebiasaan ini biasanya dilakukan tanpa sadar. Mengelap keringat dengan tangan atau menggosok hidung dapat membuat bakteri tumbuh subur dan berpindah dari tangan ke wajah. Hentikan kebiasaan ini dan juga kebiasaan memencet jerawat yang sedang tumbuh karena hanya akan membuat jerawat semakin parah akibat berpindahnya bakteri dari tangan ke wajah.

Cermati 5 kebiasaan itu agar kamu terbebas dari jerawat. Pastikan tangan kamu bersih ketika akan menyentuh wajah karena bakteri di tangan bisa berpindah dan menyebabkan jerawat muncul di wajah kamu.

Comment di sini