CiriCara: 10 Ciri Kamu Bukan Orang Kota

by
June 12th, 2012 at 4:50 pm

Kamu mengaku tinggal di kota besar dan menjadi anak kota? Mungkin kamu memang tinggal di Jakarta, kota besar yang menjadi negara ibu kota Indonesia. Tapi apakah kamu memang benar-benar orang kota?

Berikut ini ada 10 ciri yang menandakan bahwa kamu bukan orang kota jika di antara kesepuluh ciri di bawah ini ada satu atau dua atau lima ciri yang kamu miliki:

1. Terkejut Ketika Harus Membayar Mahal

Mengingat kamu tinggal di kota besar yang identik dengan biaya hidup tinggi. Jangan heran kalau setiap kali makan di restoran atau hanya sekedar membeli minum, kamu harus merogoh kocek hingga puluhan ribu. Jika kamu kaget ketika melihat harga-harga makanan dan minuman setiap kali berpergian berarti kamu bukan orang kota.

2. Sabar Menunggu

Jalanan di ibukota dan kota-kota besar di Indonesia sudah padat dengan kendaraan bermotor. Tidak heran kalau jalanan pasti selalu macet dan padat. Jika kamu tidak berkendara, dan harus menyeberang jalan, tapi kamu selalu menunggu sampai jalanan sepi baru menyeberang maka kamu bukanlah orang kota. Sabar menunggu bukanlah ciri orang kota, sebab orang kota tidak mungkin sabar sehingga tidak heran kalau banyak pengendara sepeda motor saja enggan untuk menginjak rem meski ada orang sedang menyeberang di depannya.

3. Bersepeda Hanya Untuk Rekreasi

Sekarang ini minat penduduk kota untuk bersepeda semakin tinggi. Tapi jika kamu berpikir bahwa bersepeda hanya untuk rekreasi dan liburan berarti kamu bukan orang kota. Sebab orang kota akan bersepeda tidak hanya pada saat hari libur, tapi juga untuk pergi ke kantor. Mereka tidak bersepeda di pinggiran jalan khusus untuk sepeda, tapi setiap hari Sabtu dan Minggu justru mereka menghabiskan 1 jalur di jalan Jenderal Sudirman untuk bersepeda, itulah orang kota.

4. Menunggu Kereta Sepi

List Verse

Kamu masih saja berkeluh kesah karena kereta yang kamu naiki setiap harinya selalu penuh? Berarti kamu tidak memiliki ciri-ciri orang kota. Orang kota sudah terbiasa dengan keadaan kereta yang penuh sesak setiap jam pulang dan pergi kerja. Mereka tidak akan memilih untuk menunggu kereta pada jam berikutnya, karena tidak akan ada kereta yang kosong pada jam berikutnya.

5. Orang Gila

Kerasnya hidup di perkotaan membuat banyak orang tak sanggup bertahan hidup dalam pikiran normalnya, sehingga mereka menjadi gila akibat stres yang mencapai klimaks. Jika kamu terkejut ketika melihat orang gila duduk di jalanan, di warung, di persimpangan lampu merah dan terus memperhatikan ke arah mereka, tandanya kamu bukanlah orang kota. Orang kota tidak akan terkejut dengan hal seperti itu karena itu sudah menjadi pemandangan sehari-hari.

6. Merasa Kasihan kepada Pengemis

Republika

Sulitnya mencari pekerjaan di kota-kota besar seperti Jakarta membuat peluang warga desa yang mencari peruntungan di kota menjadi sangat sulit. Akhirnya mereka pasrah dengan mengemis di pinggir jalan, persimpangan lampu merah, kendaraan umum, bahkan di depan rumah kamu. Tidak sedikit dari mereka yang melakukan hal itu hanya sebagai kedok. Misalnya, berpura-pura patah kaki, berpura-pura buta, dsb. kamu merasa kasihan setiap kali melihat mereka dan selalu memberikan sedekah? Mungkin kamu memang baik, tapi kamu tidak bisa dikatakan sebagai orang kota. Orang kota cenderung egois dan berpusat hanya pada diri sendiri. Mereka tidak akan terlalu menghabiskan banyak waktu untuk memperhatikan pengemis di pinggir jalan.

7. Suka Berfoto di Manapun

List Verse

Memang tidak salah mengabadikan hal yang belum pernah kamu lihat. Tapi jika kamu termasuk orang yang gemar berfoto dan memotret segala sesuatu yang kamu lihat, itu menunjukan kamu tidak memiliki ciri-ciri orang kota. Karena orang kota tidak akan melakukan hal itu. Mereka merasa sudah terbiasa dengan hal-hal yang aneh dan baru sehingga mereka tidak perlu lagi mengabadikan segala sesuatunya sampai harus memotret setiap saat.

Tapi jangan samakan dengan orang yang memang memiliki hobi fotografi. Seorang fotogrfer tidak akan mengambil foto hal-hal yang biasa dengan angel yang biasa. Orang yang tertarik dunia fotografi memotret untuk mebuat mahakarya yang dapat dinikmati orang lain.

8. Memperhatikan Hewan

Jika kamu berkunjung ke kebun binatang seperti Ragunan atau sekedar bertemu dengan kucing liar di pinggir jalan lalu kamu selalu tertarik untuk memberi makan dan mengelusnya. Itu bukanlah ciri-ciri orang kota. Orang kota cenderung untuk berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan. Bagi mereka mengelus hewan liar bisa saja terkena penyakit karena kuman yang ada di bulu hewan tersebut.

9. Dipenuhi Rasa Takut

Wikipedia

Memang kota besar menjadi pusatnya tindakan kriminal. Tapi jika kamu selalu diliputi rasa takut dan curiga terhadap semua orang asing yang bermuka sangar, itu bukan mencirikan orang kota. Orang kota tahu bahwa bahaya selalu mengancam tapi mereka tidak selalu diliputi ketakutan malah sibuk memikirkan bagaimana cara agar dirinya tetap aman. Seperti memikirkan untuk memasang alarm rumah yang lebih canggih lagi.

10. Rasa Tertarik yang Berlebihan

Jika kamu selalu memiliki rasa tertarik yang berlebihan bahkan sampai bertindak norak, maka kamu tidak bisa digolongkan sebagai orang kota. Bagi orang kota semuanya sudah menjadi hal yang biasa-biasa saja sehingga tidak ada lagi hal yang dapat menarik perhatian sampai harus berdecak kagum. Misalnya, heboh karena melihat Monas (Monumen Nasional) atau gedung MPR/DPR.

Itulah kesepuluh ciri yang menunjukan kalau kamu bukan termasuk dalam katagori orang kota meski kamu tinggal di kota besar seperti Jakarta. Tapi jika kamu berkata bahwa banyak orang kota yang berperilaku seperti 10 ciri di atas, berarti masih banyak orang yang sebenarnya bukan orang kota tapi mengaku bahwa dirinya orang kota hanya karena berdomisili di kota metropolitan.

List Verse

Comment di sini