Euro 2012: Sheva Tampil Trengginas, Swedia Dilibas

by
June 12th, 2012 at 9:09 am

ShevaUkraina menang tipis 2-1 atas Swedia. Meski lebih dulu mencetak angka, Swedia tidak mampu mempertahankan keunggulan. Keadaan malah berbalik tatkala striker gaek Andriy Shevchenko tampil luar biasa. Ia mencetak dua gol yang membuat Ukraina berhak mendapat tiga poin penuh.

Pertandingan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy, Ukraina, Selasa 12 Juni 2012. Kedua tim bermain agresif. Ukraina, yang bertindak sebagai tuan rumah, mengambil inisiatif serangan sejak menit-menit awal. Laga baru berjalan 4 menit, midfielder Evgeni Konoplyanka sudah mengancam. Namun tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih belum tepat sasaran. Peluang emas yang diperoleh Shevchenko setelah lolos dari perangkap offside juga gagal dikonversi menjadi gol.

Swedia pun tampil bukan tanpa perlawanan. Menjelang akhir babak pertama, mereka berhasil menciptakan peluang untuk mencetak gol. Namun sayang, tandukan striker jangkung Zlatan Ibrahimovic hanya membentur tiang gawang. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Hanya berselang 8 menit setelah pertandingan memasuki paruh kedua, Swedia mengungguli Ukraina. Ibrahimovic menaklukkan kiper Ukraina yang dijaga Pyatov. Ia berhasil meneruskan umpan matang dari Kallstrom dan membuat publik Ukraina bungkam.

Tuan rumah bereaksi cepat. Keunggulan Swedia bertahan tidak lebih dari tiga menit. Sheva (panggilan Shevchenko) mencetak gol balasan pada menit ke-55. Gol ini seolah menyadarkan timnya dan membawa mereka kembali ke pertandingan dengan penuh semangat. Berselang tujuh menit, tim asuhan Oleg Blokhin berbalik unggul. Sheva untuk kedua kalinya menjebol gawang Isaksson. Kali ini, gol dicetak melalui sundulan keras yang berawal dari sepak pojok.

Keunggulan Ukraina bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan ini membawa mereka memimpin Grup D. Di tempat lain, Inggris bermain imbang melawan Prancis dan harus puas berbagi angka satu. Sedangkan Swedia untuk sementara harus berada di posisi juru kunci dengan poin nol.

Berikut video highlight Ukraina vs Swedia:

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini