Euro 2012: Platini Lemah, Balotelli Jadi Korban Rasisme

by
June 12th, 2012 at 4:39 pm
Mario Balotelli

Getty Image

Apa yang dikhawatirkan akhirnya menjadi kenyataan. Marco Balotelli menjadi korban penghinaan secara rasis oleh para pendukung Spanyol. Dalam partai yang berakhir imbang 1-1 tersebut, sejumlah pendukung Spanyol bertingkah dan bersuara seperti monyet setiap kali Balotelli mengontrol bola.

Seorang fotografer yang berasal dari Liverpool, Chris Brunskill, menyaksikan kejadian tersebut di antara 40.000 penonton di Arena Gdansk di Polandia. Seperti dilansir dari Dailymail, Chris mengatakan “Aku sedang duduk di sana dengan semua pendukung Spanyol di belakangku. Mereka semua berteriak seperti monyet, tertawa dan mengejek setiap kali Balotelli mengontrol bola.”

Sementara itu, Mino Raiola yang merupakan agen Balotelli, tidak terima dengan perlakuan tersebut. Ia mengatakan bahwa Michel Platini sebagai Presiden UEFA lemah dalam menangani rasisme.

Sebelumnya Mario Balotelli mengancam akan meninggalkan lapangan jika mendapat perlakuan rasisme namun Platini tidak mendukungnya. Platini bahkan memerintahkan wasit bertindak tegas dengan memberi kartu kuning jika Balotelli benar-benar melakukannya.

“Reaksi UEFA dalam menanggapi ucapan Mario sangat aneh. Seharusnya mereka mendukung Balotelli,” ujar Raiola kepada DailyMail. Raiola mengatakan bahwa ia terkejut dengan reaksi Platini mengingat Baloteli pernah mengalami hal semacam itu dan seluruh elemen timnas Italia telah berikrar penuh untuk mengharamkan rasisme.

Di tempat lain, juru bicara pendukung Spanyol Thomas Herzog  mengakui bahwa telah terjadi tindakan rasisme terhadap Baloteli. Namun ia mengatakan bahwa mayoritas pendukung Spanyol mengutuk hal itu dan berusaha mencegah mereka. “Kami sangat marah dengan aksi beberapa pendukung Spanyol yang melakukan tindakan rasis tersebut,” ujarnya.

UEFA sendiri belum mengambil banyak keputusan. Mereka baru meminta kepada walikota di Polandia untuk menambah polisi untuk memperketat pengamanan. Beberapa hari yang lalu timnas Belanda mengeluh bahwa mereka mendengar teriakan bernada rasis dari pendukung Polandia yang sedang menonton latihan mereka. Kejadian itu berlangsung di Stadion Wisla Krakow.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini