Tarif Parkir di DKI Jakarta Bakal Naik

by
June 12th, 2012 at 3:23 pm

ANTARA/Widodo S. Jusuf/nz/08

Para pengguna kendaraan bermotor di DKI Jakarta harus siap mengeluarkan uang lebih untuk fasilitas parkir. Pasalnya tarif parkir bakal segera naik dan kini masih dalam perundingan. Hal ini dibenarkan oleh anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Aliman Aat.

Aliman mengatakan bahwa tarif parkir di DKI Jakarta bakal naik. Namun, jumlah kenaikan tarifnya tidak sebesar seperti yang diributkan oleh banyak pihak. Pasalnya kenaikan tarif parkir ini diperkirakan mencapai 50 persen.

Menurut Aliman, 50 persen masih terbilang ideal. Apalagi jika melihat harga tarif parkir yang belum pernah mengalami kenaikan sejak tahun 2007. “Idelanya tarif parkir naik tiap dua tahun sekali. Sama seperti tarif tol,” katanya.

Aliman menuturkan, pembahasan kenaikan tarif parkir ini akan diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Perparkiran yang akan disahkan tahun ini. Nantinya, berapa kepastian kenaikan tarif parkir akan dibahas dan dijelaskan dalam Perda tersebut.

Aliman menjelaskan, nantinya pihak Pemprov DKI Jakarta akan melakukan koordinasi dengan pihak ketiga dalam mengatur sistem perparkiran. Sejumlah rambu larangan parkir di bahu jalan juga akan diterapkan dengan ketat.

Langkah tegas tersebut dilakukan semata-mata untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. “Kebocoran tarif parkir onstreet (di jalan/ilegal) juga kelewat besar,” kata Aliman, Selasa (12/6/2012).

Pengesahan Perda perparkiran di DKI Jakarta ini juga di benarkan oleh Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI Jakarta, Triwisaksana. Ia mengatakan bahwa Perda fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum termasuk parkir) akan disahkan dalam waktu dekat ini.

Meskipun demikian, Triwisaksana mengakui adanya keterlambatan pengesahan Perda karena belum dibahas ditingkat eksekutif. “Pembahasan tertunda di eksekutif,” kata Triwisaksana.

Masalah parkir liar yang memakan bahu jalan di Jakarta sendiri masih belum bisa teratasi. Meski terlihat jelas adanya rambu larangan parkir, para oknum ilegal tetap menggunakan jalan itu buat lahan parkirnya.

Akibatnya kondisi jalan semakin sempit karena banyak mobil yang parkir. Tak lama jalanan pun akan menjadi macet. Akankah kenaikkan harga tarif parkir ini bisa jadi solusi penertiban parkir liar.?

Comment di sini