Tweet Melecehkan Wanita, Asus Tuai Kecaman

by
June 12th, 2012 at 1:25 pm

Asus Sexist TweetGara-gara sebuah kicauan (tweet) yang dinilai sangat melecehkan wanita, Asus dikecam ribuan orang. Saat tersadar bahwa mereka mulai dikecam, kicauan bernada melecehkan itu pun segera dihapus. Tapi terlambat, kabar ini meluas lebih cepat dari yang mereka bayangkan.

Kicauan tersebut disertai sebuah gambar seorang perempuan yang sedang mendemonstrasikan kehebatan produk Asus The New Transformer AIO di Computex 2012. ASUS mengunggah gambar tersebut dengan kicauan “The rear looks pretty nice. So does the new Transformer AIO.” (Bagian belakangnya terlihat indah, begitu juga dengan Transformer AIO yang baru).

Tentu saja kicauan tersebut menuai kecaman, baik dari kaum perempuan, maupun kaum laki-laki. Mereka semua umumnya mengirimkan balasan yang berupa sindiran dan kritik yang cukup pedas.

Pemanfaatan perempuan berpakaian minim dalam mempromosikan produk adalah praktik biasa. Dengan syarat “Harus dilakukan dengan sangat hati-hati,” ujar seorang ahli pameran Susan Friedman, seperti dikutip dari Yahoo.

Asus sudah minta maaf secara terbuka kepada publik melalui sebuah pernyataan kepada Mashable. Tim Smalley, Manajer Digital Marketing Asus Global Corporate, mengatakan “Pertama, kami mohon untuk menerima permintaan maaf kami karena telah menyinggung banyak pengguna Twitter, kami tidak pernah bermaksud seperti itu,” ujarnya.

Asus juga berjanji akan menyelidiki kejadian ini karena sekarang sedang sibuk dengan Computex 2012. Banyaknya pihak ketiga yang memiliki akses ke akun Twitter mereka juga menjadi kendala. Tapi mereka mengklaim bahwa langkah-langkah yang tepat sudah diambil untuk mencegah kejadian tersebut terulang lagi.

Mereka juga mengirim permintaan maaf melalui Twitter. “Kami meminta maaf atas komentar kami yang tidak pantas. Kami akan mengambil langkah untuk memastikan hal ini tidak akan terjadi lagi.”

Comment di sini