20 Tahun Buron, Terpidana Kasus BLBI Akhirnya Tiba Di Indonesia

by
June 13th, 2012 at 11:05 am

Terpidana kasus korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Sherny Kojongian tiba di Bandara Soekarno-Hatta Rabu (13/6) pukul 08.40 pagi dari Singapura. Saat turun dari pesawat Garuda Sherny tampak dingin dan tanpa ekspresi.

Beberapa kali Sherny mencoba menghindari sorotan kamera berbagai media yang mendekat. Ia dikawal dengan ketat oleh pihak Interpol Indonesia, kepolisian dan juga tim kejaksaan agung. Saat itu Sherny mengenakan pakaian serba hitam dengan kacamata berwarna hitam.

Begitu sampai di terminal kedatangan, Sherny langsung digiring ke dalam mobil Kijang Innova Silver B1492WQ milik Kejaksaan Agung. Awak media yang telah menunggu sedari pagi kecewa karena Kejaksaan Agung sebelumnya menyatakan akan mengadakan prosesi serah terima dari Immigration and Customs Enforcement USA (Imigrasi AS) pada pihak Indonesia dan juga kejaksaan dengan disaksikan oleh media.

Direktur BHS ini terlibat kejahatan kasus korupsi BLBI pada tahun 1992-1997. Ia mendapat tuduhan korupsi dengan cara menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan, rekening dan deposito serta mendapat fasilitas Kredit Likuiditas Bank Indonesia (KLBI). Aksi ini dilakukan bersama dengan Komisaris Utama BHS, Hendra Rahardja dan juga Komisaris BHS, Eko Edy Putranto.

Negara dirugikan sebesar Rp 1,95 triliun akibat tindakan korupsi mereka. Sherny melarikan diri ke luar negeri namun itu tidak menghentikan persidangan. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tetap menggelar sidang pada tanggal 18 Maret 2002 secara in absentia dan menjatuhkan vonis 20 tahun pada perempuan ini.

Putusan ini juga dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada 8 November 2002 namun pada saat itu tidak dapat segera dieksekusi karena tiga tersangka, Sherny, Eko dan Hendar melarikan diri keluar negeri. Mereka menjadi buronan Kejaksaan Agung selama 10 tahun.

Nama ketiga orang ini akhirnya masuk dalam daftar pencarian orang di Interpol dan akhirnya berhasil ditangkap oleh ICE atau Imigrasi San Francisco pada 10 November 2010.

Comment di sini