CiriCara: 5 Cara Menyegarkan Mata Lelah

Mata memang merupakan salah satu organ panca indra yang sering kali kita lupakan perawatannya. Mata lelah adalah hal yang paling sering terjadi apabila kita terlalu lama bekerja di depan komputer atau menonton televisi.

Biasanya mata lelah tidak terlalu dipedulikan karena anggapan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, tidak ada salahnya bila kita memanjakan mata agar tampak lebih segar dan berbinar. Ini dia caranya:

1. Potongan mentimun


Mentimun mengandung ascorbic acid yang berperan sebagai vitamin C. Kandungan ini dapat melembabkan dan mendinginkan mata, sedangkan caffeic acid-nya dapat mengurangi mata bengkak dan sembab. Untuk hasil yang maksimal, masukkan beberapa irisan mentimun segar dalam freezer, setelah itu gunakan sebagai kompres mata selama 10 atau 15 menit. Rasa dinginnya akan membantu membuat mata lebih rileks sedangkan kandungan mineralnya membuat mata terasa dingin dan lebih nyaman.

2. Sendok dingin


Sendok dingin atau suhu dingin dari benda-benda metal dapat membantu melancarkan peredaran darah, mengurangi kemerahan pada kulit serta dapat digunakan untuk mengompres mata yang bengkak. Cara ini sangat mudah, hanya dengan mendinginkan sendok di dalam air es, kemudian digunakan sebagai kompres mata. Metode ini bisa diulang sampai merasa nyaman.

3. Chamomile, Green Tea, dan Black Tea


Teh mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Selain digunakan sebagai minuman, ternyata teh juga dapat digunakan sebagai kompres. Kandungan kafein dalam teh dapat membantu membuat kulit segar kembali. Selain itu kandungan tannin-nya bisa digunakan sebagai pelembab dan penyegar alami. Cara pemanfaatannya pun sangat mudah. Rebus kantung teh selama 3 menit kemudian diamkan. Setelah agak dingin, masukkan dalam lemari es selama 3 menit. Setelah itu gunakan sebagai kompres mata selama 15 menit, dengan begini mata akan jadi jauh lebih segar.

4. Susu


Air dingin membantu melancarkan peredaran darah. Bagaimana dengan susu? Tentu saja bisa, susu dapat membantu menghaluskan, melembabkan dan juga merawat kulit yang iritasi. Gunakan mangkuk kecil sebagai wadah susu kemudian rendam dua lembar kapas dan simpan dalam lemari es selama setengah jam. Setelah itu gunakan sebagai masker mata selama 10 menit.

5. Putih telur


Putih telur memang bagus namun baunya cukup mengganggu. Putih telur dapat membantu melembutkan, melembabkan, dan mengurangi garis kerut di wajah. Tingginya kandungan vitamin B2 atau riboflavin berfungsi untuk membantu melancarkan peredaran darah. Bila dipakai secara rutin, putih telur bisa memberikan hasil yang maksimal. Saring putih telur kemudian oleskan di area bawah mata dan melingkari mata  diamkan selama 15 menit kemudian basuh dengan air dingin. Putih telur tidak hanya membuat rileks tapi juga mengencangkan kulit di sekitar mata.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan sendiri tanpa perlu pergi ke salon. Mau coba di rumah?


comments powered by Disqus

Leave a Reply