Euro 2012: Sejarah Perseteruan Jerman vs Belanda

by
June 13th, 2012 at 4:02 pm

Ruud GullitPerseteruan antara Jerman dan Belanda bukan hal baru, juga bukan hanya seputar sepakbola. Selama lebih dari empat dekade, kedua tim ini telah melewati pertandingan sepakbola dan peristiwa bersejarah yang membuat mereka saling menyimpan dendam.

Van Nistelrooy mengatakan bahwa perseteruan ini lebih dari tentang sepak bola. Belanda telah menyatakan diri merdeka, namun pada 1940 Jerman menginvasi.

“Jelas, sejarah mempunyai peran. Sejarah sepak bola, maupun sejarah itu sendiri. Emosi dalam pertandingan begitu tinggi, namun kita selalu ingat bahwa ini adalah sebuah pertandingan,” ujarnya seperti dikutip dari BBC.

Perseteruan sepakbola antara Belanda dan Jerman dimulai pada 1974. Saat itu merupakan pertandingan perdana antara Jerman dan Belanda setelah invasi Jerman pada Mei 1940.

Franz Beckenbauer, yang dulu merupakan kapten timnas Belanda, merupakan sosok penting saat perseteruan antara Jerman dan Belanda meletus di era 1970-an. Ia menggambarkan bahwa saat itu adalah masa di mana sepak bola sedang dalam bentuk yang paling murni.

“Pertandingan melawan Belanda menyita hidupku selama bertahun-tahun, tapi aku tidak akan pernah melupakannya. Pertandingan-pertandingan itu selalu menghadirkan sepakbola yang berkelas, emosi, dan tensi yang belum pernah ada sebelumnya, ujarnya.

Perseteruan akan berlanjut. Belanda dan Jerman akan bertanding malam nanti, Rabu 13 Juni 2012, dalam lanjutan Piala Eropa 2012. Kedua tim raksasa Eropa ini akan bertemu untuk yang ke-39 kali. Dalam 38 laga sebelumnya, Jerman unggul dengan 14 kemenangan sedangkan Belanda menang 10 kali. Dalam 14 laga lainnya, mereka berbagi poin yang sama.

Pertandingan di Piala Eropa 2012 ini mempertemukan dua pencetak gol terbaik sepanjang babak kualifikasi. Namun, Belanda sedikit di atas angin dengan adanya beberapa pemain yang merumput di Bundesliga.

Klaas-Jan Huntelaar merupakan pemain Belanda yang bersinar bersama klub Jerman, Schalke. Arjen Robben berprestasi di Bayern Munich meskipun dicemooh saat gagal membawa klubnya meraih trofi Liga Champion.

Bahkan, pelatih Bert van Marwijk juga memiliki pengalaman di Jerman. Ia merupakan pelatih Borussia Dortmund dari 2004-2006.

Siapa yang akan menang? Kita lihat saja nanti.

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini