Euro 2012: Video Keberingasan Suporter Rusia dan Polandia

by
June 13th, 2012 at 11:41 am

Pertandingan Rusia dan Polandia pada Rabu (13/6) dini hari tadi diwarnai dengan kerusuhan parah di ibukota Polandia, Warsawa. Seperti yang sudah diduga oleh banyak pihak bahwa bertemunya Polandia dengan Rusia di lapangan hijau akan memancing emosi para pendukungnya terkait hubungan sejarah antar kedua negara yang terus menegang.

Sebagai tuan rumah Piala Eropa 2012, Polandia tentunya memiliki gengsi yang lebih tinggi, sedangkan Rusia datang dengan penuh antusias untuk membuat Polandia bertekuk-lutut. Rupanya hal ini tidak hanya dirasakan oleh kedua kesebelasan, tapi oleh para pendukungnya juga.

EPA/Daily Mail

EPA/Daily Mail

Alhasil, kericuhan yang parah pun pecah di jalanan kota Warsawa setelah pertandingan usai dengan hasil imbang 1-1. Pendukung dari masing-masing kubu saling menyerang, memukul, menendang, meskipun lawan mereka sudah terbaring tak berdaya di jalanan.

EPA/Daily Mail

Sebanyak 6000 polisi diturunkan untuk mengamankan lokasi. Mereka terpaksa harus menggunakan peluru karet dan water canon untuk membubarkan kedua pendukung yang semakin brutal.

AFP/Getty Image

AFP/Getty Image

EPA/Daily Mail

Kebrutalan ini dipicu oleh perilaku pendukung Rusia yang melakukan arak-arakan dengan mengibarkan bendera kebangsaan mereka sampai ke stadion tempat Rusia dan Polandia bertanding. Hal ini dinilai sangat berlebihan dan berbau provokasi bagi sebagian besar masyarakat Polandia.

AFP/Getty Images

Tidak mungkin kalau ketegangan ini tidak dikaitkan dengan sejarah buruk yang dialami kedua negara setelah Perang Dunia II. Beberapa wilayah Polandia yang masih dikuasai oleh Rusia sampai pecahnya Perang Dingin antara Amerika dan Uni Soviet.

Singkatnya, kericuhan yang terjadi dini hari tadi merupakan ungkapan dari masing-masing negara, dimana Rusia merasa diri mereka masih berkuasa atas Polandia, sedangkan Polandia merasa bahwa sudah cukup masanya bagi Rusia untuk memegang kendali atas Polandia, sehingga keduanya saling bangkit menyerang untuk membuktikan kekuatan masing-masing.

Berikut ini video yang merekam tindak kebrutalan dari kedua kubu.

*Aksi dalam video tidak untuk ditiru!!!

Daily Mail

[colorvote id="3" style="wpcvp-poll"]

Comment di sini