Facebook Kalah dari Jejaring Sosial Lokal di 5 Negara Ini

by
June 13th, 2012 at 9:47 am
Peta Jejaring Sosial

Copyright © 2012 Ziff Davis, Inc

Facebook, yang memiliki lebih dari 901 juta pengguna aktif, nyaris menjadi jejaring sosial yang paling dominan di seluruh dunia. Nyaris, karena Facebook tidak mampu bersaing dengan situs jejaring sosial besutan lokal di negara-negara berikut.

Rusia punya jejaring sosial bernama VKontakte dan Odnoklassniki. Dua situs ini tidak hanya terkenal di Rusia, tapi juga di negara-negara yang menggunakan bahasa Rusia. Di China, Facebook diblokir oleh pemerintah. Mereka menggunakan Qzone, Tencent Weibo, dan Sina Weibo.

Pemerintah Iran juga melarang warganya untuk mengakses Facebook. Tapi, di sana mereka punya Cloob sebagai pengganti. Vietnam jagokan Zing, sedangkan Latvia punya Drauglem.

Seperti dilansir dari vincos.it, Vincenzo Cosenza, seorang ahli strategi sosial media berkebangsaan Italia, melakukan penelitian terhadap 137 negara di mana Facebook menjadi raja jejaring sosial di 126 negara, padahal tahun lalu hanya 119 negara.

Berdasarkan data dari Alexa dan Google Trends, ia membuat Peta Jejaring Sosial dua kali dalam setahun, Juni dan Desember.

Dari peta tersebut diketahui bahwa Eropa merupakan benua dengan pengguna Facebook terbanyak (232 juta pengguna). Diikuti oleh Amerika Utara dengan 222 juta pengguna. Asia menyusul dengan 219 juta pengguna aktif.

Perlu dicatat bahwa dalam peta yang dirilis Vincenzo, Ia belum memasukkan Google+. Bagaimanapun, CEO Google, Larry Page mengatakan bahwa Google+ memiliki 90 juta pengguna. Pada bulan April 2012, sekitar 170 juta orang telah meng-upgrade akun gmail mereka ke jejaring sosial Google+ tanpa benar-benar tahu apa yang mereka lakukan.

Comment di sini