Pemerintah Akan Terima 13.873 CPNS Tahun 2012

by
June 13th, 2012 at 11:33 am

Tes CPNSPemerintah akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2012. Seleksi yang ditujukan untuk pelamar umum ini mulai dibuka pendaftaraannya pada bulan Juli, sedangkan ujian akan diadakan pada minggu ketiga bulan Agustus.

Sebanyak 13.873 kursi akan diperebutkan pada seleksi CPNS ini. Jumlah tersebut akan dialokasikan untuk instansi daerah sebesar 1.904 kursi dan instansi pusat 11.733 kursi. Sisanya untuk seleksi di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, 236 kursi.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) mulai membuka pendaftaran CPNS baru formasi pelamar umum. “Rincian teknis akan kami rapatkan nanti,” papar Eko Prasojo, Wakil Menteri PAN-RB, seperti dikutip dari jpnn.

Pada seleksi kali ini, Kemen PAN-RB telah bekerja sama dengan konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri. Bersama konsorsium ini, Kemen PAN-RB akan membahas maslaah-masalah teknis seperti pembuatan soal, pemantauan, pemeriksaan naskah jawaban, hingga pengumuman.

Hasil seleksi CPNS tahun ini akan diumumkan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, pengumuman dipasrahkan ke setiap instansi. Kali ini semuanya akan diambil alih oleh panitia pusat bersama konsorsium 10 PTN. Cara tersebut diharapkan mampu mengurangi manipulasi dan kecurangan.

Pemerintah juga akan menggandeng Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk turut mengawasi Seleksi CPNS tersebut. Eko mengatakan bahwa pemerintah ingin seleksi CPNS ini transparan. Karena itu dia berharap agar media massa bisa ikut mengawasi sehingga pelamar yang lolos adalah pelamar dengan nilai yang bagus.

Eko menambahkan. Sebaiknya masyarakat berhati-hati terhadap calo. Meski sudah membayar ratusan juta rupiah, jika nilai ujiannya rendah tetap akan gugur.

Comment di sini