Ternyata Khasiat Buah di Indonesia Luar Biasa

by
June 13th, 2012 at 8:40 am

Buah-buahan lokal Indonesia sering kali kalah pamor dibanding dengan buah impor, padahal buah-buahan itu memiliki kandungan gizi yang tidak kalah banyak.

Berbagai buah lokal dapat ditemui sesuai dengan musimnya. Setiap buah memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh.

Mau tahu apa saja buah-buahan yang kaya akan manfaat? Ini dia buah-buahannya:

1. Nanas


Buah tropis dengan daun berduri ini sering dijumpai jika sedang musim. Buah yang memiliki rasa manis dan daging buah yang berwarna kuning ini sering digunakan dalam campuran es buah. Buah ini dapat membantu masalah penyempitan pembuluh darah yang tertutup lemak dan melancarkan pencernaan serta baik bagi mereka yang sedang berdiet.

2. Salak


Salak yang paling dikenal adalah salak pondoh. Salak ini memiliki kualitas yang cukup baik karena rasa buahnya yang manis dan garing. Jika kamu diare atau terlalu sering buang air besar, kamu bisa memakan buah ini tapi jangan terlalu banyak, bisa-bisa malah jadi sulit buang air.

3. Rambutan


Buah yang memiliki rambut di kulit buahnya ini bila sedang musim bisa sangat mudah dijumpai dan murah. Buahnya berwarna putih dan manis disukai banyak orang. Antioksidan pada daging buah sangat tinggi sehingga baik untuk melawan radikal bebas. Buah rambutan yang paling dikenal adalah rambutan rapiah.

4. Belimbing


Bahasa Inggris buah ini adalah starfruit karena memang bentuknya yang mirip dengan bintang. Kandungan vitamin E buah ini sangat tinggi dan bagus bagi kesuburan dan kecantikan. Mengonsumsi buah ini juga merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Sawo


Buah yang satu ini memiliki warna kulit berwarna cokelat sedikit gelap. Kulit dan daging buahnya berwarna hampir sama dengan biji berwarna hitam. Sawo matang kaya akan karbohidrat dan 20% kandungannya adalah gula. Vitamin yang terkandung dalam buah ini yaitu vitamin A, B dan C serta potassium yang cukup tinggi untuk kesehatan pembuluh darah.

6. Jambu air


Jambu air memiliki banyak macam di Indonesia ada yang berwarna merah dan hijau. Kandungan air buah ini cukup tinggi. Biasa langsung dimakan tanpa dikupas. Kandungan buah ini baik untuk kelembaban kulit dan juga serat bagi pencernaan. Vitamin A, C, kalsium dan protein bisa membantu kamu tetap sehat setiap hari.

7. Kesemek


Buah kesemek juga biasa disebut dengan buah cempedak atau persimmon. Buah ini seperti memakai bedak karena pada bagian kulitnya terdapat bagian putih seperti terkena bedak. Kandungan fluoride-nya dapat menyehatkan gigi serta kesehatan gusi dan mulut.

8. Duku


Buah ini berbentuk bulat kecil dengan daging buah yang agak bening. Kandungan mineral buah ini cukup tinggi seperti kalsium, fosfor, dan juga zat besi. Obat ini bisa digunakan untuk mengobati diare dan melancarkan pencernaan.

9. Sirsak


Buah sirsak memiliki kulit berwarna hijau dengan daging yang putih. Biasa dimakan dengan gula atau digunakan cebagai campuran es bahkan dibuat es jus. Buah ini dapat melawan bakteri dalam tubuh dan mengatur kadar gula dalam darah.

10. Manggis


Buah yang terakhir ini memiliki kulit yang berwarna hitam namun daging buahnya putih bersih. Kandungan antioksidan, antivirus dan antibiotik buah ini sangat tinggi sehingga sangat baik bagi kesehatan. Buah ini dapat mengatasi vertigo dan kelelahan.

10 buah lokal Indonesia ini ternyata memiliki manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Jika kamu mengonsumsi buah-buahan yang banyak tersedia dengan harga yang terjangkau, kamu juga bisa menjaga kesehatan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk buah impor.

Comment di sini