Aktivis Kemerdekaan Tewas, Papua Rusuh Lagi

by
June 14th, 2012 at 4:58 pm
kerusuhan

Rommy Ghaly / Getty Image (ilustrasi)

Warga Papua, pulau di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam, marah. Mereka membakar mobil dan toko setelah seorang aktivis kemerdekaan ditembak mati.

Media asing kembali menyoroti papua, setelah beberapa saat lalu media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), memberitakan kerusuhan oleh oknum TNI. Kini, Reuters melaporkan bahwa seorang aktivis kemerdekaan ditembak mati.

Korban diketahui bernama Mako Tabuni, sebagai wakil dari kelompok yang mendukung referendum mengenai penentuan sendiri nasib Papua. Ia ditembak karena melawan saat akan ditahan. Tabuni diketahui telah berkampanye menuntut penyelidikan atas penembakan lain yang terjadi baru-baru ini.

“Ini bukan penegakkan hukum, ini konyol! “penegakkan hukum” dijadikan alasan oleh pasukan keamanan untuk menembak, menggunakan alasan klasik dari stigma kelompok separatis,” ujar Markus Haluk, seorang aktivis Hak Asasi Manusia, kepada Reuters melalui sambungan telepon.

Kematian Tabuni telah dikonfirmasi oleh pihak berwajib. Mereka mengatakan bahwa Tabuni ditembak di kaki dan pinggul karena melawan saat penangkapan. Ia tewas dalam perjalanan ke sebuah rumah sakit.

Warga mengamuk saat mendengar kematian Tabuni. Mereka membakar mobil dan kios-kios.

Papua merupakan pulau paling timur Indonesia yang kaya akan sumber daya alam. Selama beberapa dekade, telah banyak gerakan separatis yang menginginkan papua merdeka namun selalu diredam.

Comment di sini