Apple: Selamat Tinggal, Google Maps!

by
June 14th, 2012 at 10:48 am

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, pada saat Worldwide Developers Conference (WWDC) kemarin, Apple sudah mengumumkan tentang sistem operasi terbaru mereka yang akan segera tersedia untuk umum, iOS 6. Dan di dalam iOS 6 ini, Apple sudah tidak lagi menggunakan layanan Google Maps, melainkan aplikasi maps buatan mereka sendiri.

Aplikasi yang akan tersedia untuk iPhone dan iPad ini merupakan aplikasi gratis yang bisa dikatakan sangat mirip dengan Google Maps. Ada fitur 3D modeling yang cukup detail untuk kota-kota besar yang ada.

Tampaknya Apple sudah memikirkan matang-matang mengenai kustomisasi apa saja yang perlu mereka implementasikan ke dalam aplikasi Apple Maps. Hal ini terlihat dari pernyataan mereka di dalam presentasi WWDC tersebut, dimana Apple menyatakan bahwa mereka telah menjalin kerja sama dengan beberapa pabrik otomotif untuk membangun sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Siri dalam bentuk sistem kendali suara.

Dalam penjelasannya, Apple mengatakan bahwa kendali suara Siri akan bisa diaktifkan melalui tombol yang tersedia pada setir kemudi mobil Anda, jadi kita tidak perlu lagi memalingkan pandangan dari jalan, yang mana sangat berbahaya. Dengan kata lain, kita bisa menelepon seseorang, memilih lagu, mengetik dan mendengarkan pesan teks, menggunakan Maps, mendapatkan pengarahan, dan lain-lainnya, tanpa harus repot mengalihkan pandangan kita dari jalan.

Comment di sini