Bangkitkan Motivasi dengan Hormon Temuan Baru Ini

by
June 14th, 2012 at 2:03 pm

Banyak yang bertanya bagaimana cara membuat seseorang jadi lebih giat bekerja dan memiliki motivasi tinggi? Beragam jawaban atas pertanyaan tersebut bisa dilontarkan namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa motivasi ternyata juga dipengaruhi oleh hormon. Nama hormon ini adalah eritropoietin.

Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Swiss menemukan bahwa peningkatan kadar hormon ini dalam otak tikus membuat mereka jadi lebih termotivasi untuk bergerak. Max Gassmann, peneliti dari University of Zurich, Switzerland mengatakan bahwa hormon eritropoietin dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga.

Hormon ini juga berpengaruh pada suasana hati seseorang dan kemungkinan dapat digunakan untuk pasien yang menderita depresi serta penyakit-penyakit yang berhubungan.

Dalam penelitian ini Gassmann dan koleganya menggunakan tiga jenis tikus. Tikus yang diberi eritropietin, tikus yang dimasukkan eritropietin dalam otaknya dan juga tikus yang telah dimodifikasi secara genetis untuk memproduksi eritropietin manusia dalam otaknya dipakai dalam penelitian ini.

Gerald Weissmann, Kepala Editor FASEB Journal, mengatakan bahwa apabila latihan dapat ditempatkan dalam sebuah pil, sepertinya motivasi untuk latihan juga bisa dibuat dalam bentuk pil. Kalau benar-benar dalam bentuk pil, ada yang tertarik mencoba meningkatkan motivasi dengan ini?

Comment di sini