CiriCara: 5 Cara Ajarkan Bersih dan Rapi Pada Anak

by
June 14th, 2012 at 4:11 pm

Anda kewalahan menghadapi anak-anak yang tidak pernah rapi? Usia anak-anak yang masih terbilang belia memang masih rentan sebab mereka belum memiliki prinsip hidup sendiri sehingga masih mudah terpengaruh oleh  teman-temannya.

Namun kondisi ini bisa dimanfaatkan demi kebaikan mereka. Selagi mereka masih belia dan mudah dipengaruhi, saatnya bagi Anda para orang tua untuk mempengaruhi anak Anda agar hidup rapi.

Berikut ini ada 5 cara untuk menyiasati anak-anak untuk mau menjalankan pola hidup rapi.

1. Berikan contoh

Anak-anak pasti akan mencontoh apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jadi kalau Anda mengharapkan anak Anda hidup rapi tapi tidak pernah merapikan rumah dan barang-barang pribadi Anda sendiri, maka jangan berharap kalau anak-anak bisa lebih rapi dari Anda.

2. Siapkan tempat penyimpanan untuknya

Setelah Anda mempraktikan bagaimana pola hidup rapi pada anak, siapkanlah tempat penyimpanan khusus untuk barang-barang mereka. Setelah itu ajaklah mereka untuk meletakkan semua barang-barang yang berantakan ke dalam tempat penyimpanan yang sudah disediakan.

3. Rapikan setelah selesai bermain

Hal ini tidak hanya berbicara tentang mainan si anak yang selalu tercecer di mana-mana, tapi juga bisa pakaian mereka di dalam lemari bajunya. Biasanya, anak yang selalu berantakan dan tidak pernah merawat mainannya, pasti kamar tidur serta lemari pakaiannya pun juga berantakan. Inilah saatnya Anda mengajarkan mereka untuk merapikan semuanya itu sendiri. Mungkin Anda bisa membantu di awal, tapi untuk berikutnya biarkan mereka merasa bertanggung jawab atas barang pribadinya.

4. Beritahukan akibatnya  jika hidup tidak rapi

Agar rasa tanggung jawab anak-anak lebih besar lagi, maka Anda harus lebih sering memberitahu mereka tentang akibat dari hidup tidak rapi. Misalnya, kamar tidur mereka menjadi sarang kuman, barang-barang kesayangan mereka bisa cepat rusak, dll.

5. Jadwalkan kegiatan bersih-bersih

Jika memberitahu akibat dari hidup tidak rapi masih dirasa kurang membantu, cobalah dengan membuatkan jadwal khusus untuk kegiatan bersih-bersih. Mungkin jadwal ini bukan hanya untuk anak Anda, tapi untuk seisi rumah. Dengan kata lain, seisi rumah membersihkan seluruh bagian rumah sehingga si anak akan termotivasi untuk hidup rapi. Lambat laun, ini akan menjadi kebiasaan dalam hidupnya yang harus dilakukan. Jadwal kegiatan ini juga dapat membantu anak menjadi orang yang displin kelak.

Itulah kelima cara untuk menyiasati anak-anak agar mereka terpacu untuk hidup rapi dan bersih. Selamat mencoba!

Comment di sini