FPI dan FUI Akan Serbu Gramedia Besok

by
June 14th, 2012 at 3:17 pm

TEMPO/Tony Hartawan

Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI) DKI Jakarta akan menyerbu PT Gramedia terkait masalah buku yang menghinda Nabi Muhammad. Mereka akan menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat (15/6/2012) siang besok.

Sekretaris FPI DKI Jakarta, Habib Novel Mu’min menuturkan bahwa aksi demo akan dilakukan usai Shalat Jumat besok. “Besok ba’da Jumat kita akan demo ke Gramedia,” kata Mu’min seperti dikutip dari Inilah, Kamis (14/6/2012).

Mu’min menuturkan aksi demo ini juga akan melibatkan anggota FUI. Bahkan koordinasi dan perizinan demo juga akan diurusi oleh pihak FUI. “Sedang FPI back up saja. Terkait perizinan, pihaknya (FUI) mengaku hanya memberikan pemberitahuan saja bukan perizinan,” jelas Mu’min.

Menurut Mu’min, jumlah massa yang akan berdemo diperkirakan hanya akan mencapai seribu orang. Jumlah ini lebih sedikit dari biasanya karena tergolong demo yang mendadak. “Estimasi itu paling sedikit seribu, biasa kalau sudah positif itu lima ribu,” ujar Mu’min.

Sebelumnya pihak FPI mempermasalahkan PT Gramedia yang telah menerbitkan buku berjudul ‘Lima Kota Paling Berpengaruh di Dunia’. Buku ini adalah buku versi Bahasa Indonesia dari buku ‘Five Cities that Ruled the World’ karya Douglas Wilson.

Pihak FPI menilai, buku tersebut telah menghina Nabi Muhammad. Di mana dalam buku tersebut terdapat beberapa kalimat yang menyatakan bahwa Nabi Muhammad menyebarkan agama Islam dengan berperang dan kekerasan.

Sementara pihak PT Gramedia Pustaka Utama selaku penerbit buku mengaku akan memusnahkan buku tersebut. Sekitar 1.300 buku yang sudah ditarik dari peredaran langsung dimusnahkan dengan cara dibakar.

Humas PT Gramedia, Nugroho F Yudho mengaku siap jika pihaknya harus menempuh jalur hukum. Ia juga meminta maaf atas keteledoran pihaknya dalam menerbitkan buku tersebut.

“Yang terpenting, kami sudah meminta maaf sedalam-dalamnya atas keteledoran dan kami juga segera tarik dan musnahkan semua buku tersebut,” tandas Yudho.

Comment di sini