Pernah Menginap di Hotel Bintang Nol?

by
June 14th, 2012 at 10:25 am

Urban Review

Memang aneh mendengar kata hotel bintang nol. Yang biasa didengar adalah hotel bintang lima dengan standar yang tinggi dalam memberikan pelayanan dan biasanya sangat mewah. Namun bagaimana dengan hotel bintang nol?

Hotel ini bukan tanpa bintang, tapi berbintang nol. Jangan berprasangka buruk dulu soal tempat yang sangat seram atau jelek, namun hotel ini memang berbeda dengan hotel-hotel lain pada umumnya.

Hotel bintang nol yang terletak di tengah-tengah pegunungan di Swiss ini bernama Null Stern Hotel. Kakak beradik Frank dan Patrik Riklin adalah penggagas bisnis unik ini.

Hotel satu-satunya di dunia yang memiliki bintang nol ini menawarkan pengalaman yang berbeda dengan yang lain. Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman bermalam di bunker bawah tanahyang dulu sering digunakan sebagai tempat perlindungan pada zaman perang.

Izsmile

Namun, jangan berharap dapat melihat pemandangan yang indah karena bangunan hotel ini adalah bekas bunker yang tentu saja tidak memiliki jendela. Kamar mandi pun harus berbagi dengan tamu-tamu yang lain.

Izismile

Tagline hotel ini pun cukup unik yaitu “The only star is you”. Tempat ini adalah penginapan favorit bagi para backpacker. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, hanya 7€ atau sekitar Rp 85 ribu saja per orang per malam.

izismile

Bangunan bunker ini dilengkapi pintu yang tebalnya dua kaki, sengaja didesain untuk memberi perlindungan dari ledakan yang disebabkan oleh nuklir atau bahan kimia. Pada masa perang dingin, bunker ini mampu menampung sebanya 200 orang namun setelah beralih fungsi menjadi hotel, hanya 28 orang saja yang dapat ditampung di dua kamar besar yang sebelumnya digunakan sebagai tempat penyimpanan nuklir yang terletak jauh di bawah tanah.

SBS

Walaupun memiliki harga yang cukup murah namun fasilitasnya cukup memadai. Patrik Riklin memberi informasi mengenai filosofi yang dia pakai untuk membuat hotel ini. Dia mengatakan bahwa mereka mencoba menciptakan ruang yang kontras, seperti gula dan ikan. Dua hal yang biasanya tidak akan bisa bersama tapi ketika disatukan dapat membuat orang berpikir untuk hal baik atau buruk.

Izismile

Itulah cara mereka membuat hotel ini. Mereka masih mempertahankan struktur internal bunker dan hanya menambahkan sentuhan dengan tempat tidur dan mebel antik. Hotel ini bisa menjadi pilihan yang hemat bila ingin menjelajahi Swiss dengan harga yang murah.

Comment di sini