Kisah Balita yang Jantungnya Berhenti 39 Menit Namun Hidup Kembali

by
June 14th, 2012 at 10:55 am

Telegraph

Sebuah keluarga di York, Inggris, terkejut hebat ketika jantung balita mereka yang masih berusia 2 tahun tiba-tiba berhenti berdetak selama 39 menit. Ini mungkin yang ditakutkan oleh semua ibu, dan inilah yang dialami oleh pasangan suami-istri Trudy dan Dave Hilary.

Dave dan Trudy Hilary memiliki anak balita yang baru saja berusia 2 tahun. Balita laki-laki ini diberi nama Zach Hilary. Trudy, sang ibu yang juga pekerja medis panik ketika melihat Zach kejang-kejang dan mengerang kesakitan. Lalu, Trudy memanggil ambulans dan meminta bantuan medis lainnya.

Zach langsung dilarikan ke rumah sakit. Jantung Zach sempat berhenti berdetak selama 39 menit. Menurut pengakuan Trudy, saat-saat itu seperti menantikan hidup atau matinya anak balita ini. Dia tidak tahu apakah jantung Zach dapat kembali berdetak atau berhenti untuk selamanya. Tapi syukurlah, setelah tim dokter memberikan 3x kejutan jantung, akhirnya jantung Zach kembali berdetak normal.

Rupanya, tidak hanya sampai pada jantung saja masalah yang dialami bocah balita ini. Zach mengalami komplikasi akibat jantungnya berhenti berdetak cukup lama. Tes dengan alat MRI menunjukkan bahwa Zach mengalami kerusakan pada bagian otak. Dokter memutuskan untuk memasangkan alat bantu pernapasan guna mencegah pembengkakan pada otaknya.

The Sun

Setelah 9 hari dibantu dengan alat bantu pernapasan, sekarang Zach sudah dapat bernapas sendiri. Namun, Zach sempat hilang ingatan sementara. Dia tidak dapat mengenali orang-orang yang dulu sudah dikenalnya termasuk Turdy, sang ibu.

Tetapi setelah menjalani terapi selama 2 minggu, akhirnya Zach pertama kali menatap ibunya seperti dulu sebelum kejadian ini menimpanya. Zach mulai menggerakkan bibirnya seperti ingin memanggil Turdy dengan panggilan “mama”, sebagaimana dulu ia memanggil Turdy.

Walaupun kesehatan Zach berangsur-angsur membaik, tapi balita yang sudah berumur 2 tahun ini harus kembali belajar berjalan, belajar makan dan mengunyah, belajar memegang botol susu, dan hal-hal kecil yang dulunya sudah ia ketahui.

Setelah kejadian yang menimpa bagian otaknya itu dan membuat jantungnya berhenti berdetak selama setengah jam, Zach seperti bayi yang baru lahir dan belajar hal-hal baru dari awal lagi. Syukurlah, jantung Zach dapat berdetak kembali sehingga Turdy dan Dave tidak jadi mengalami mimpi buruk atas kehilangan anak kesayangannya ini.

Huffington Post

Comment di sini