Mengenal Hewan Unik Monyet Laut (Video)

by
June 14th, 2012 at 3:58 pm

Pernahkah kamu mendengar nama hewan monyet laut? Mungkin nama ini terdengar asing, tetapi hewan ini sungguh ada. Namun, monyet laut itu hanyalah sebuah nama. Sebab mereka tidak hidup di laut, dan hewan ini sama sekali tidak mirip dengan monyet.

Sebenarnya hewan ini adalah hasil temuan dari Harold von Braunhut pada tahun 1957. Harold melakukan hibridasi pada udang jenis brine yang dinamainya Artemia NYOS. Dulunya temuan Harold ini diberi nama “Instant Life”, dan Harold menggantinya menjadi Monyet Laut atau Sea-Monkeys pada tahun 1962.

Hewan hibrida ini berkembang biak di air tawar. Awalnya telur-telur yang belum menetas terlihat seperti kumpulan debu. Ketika telur-telur itu dimasukkan ke dalam akuarium, maka mereka akan menetas dan tumbuh cepat hanya dalam beberapa minggu kemudian.

Pada masa itu, hewan ini belum terlihat sempurna karena hanya memiliki 1 mata. Tetapi begitu mereka dewasa, mata yang kedua akan muncul dengan sendirinya. Hewan ini memiliki ekor layaknya seekor monyet. Kaki-kaki berbulu yang mereka miliki dipergunakan untuk alat pernapasannya. Hewan hibrida yang diberi nama monyet laut ini senang dengan kilauan cahaya. Mereka akan mengikuti gerakan cahaya di dalam air.

Ternyata hewan Monyet Laut ini pernah dijadikan tokoh dalam beberapa film dan juga serial televisi seperti The Simpsons, Spin City, Roseanne, Desperate Housewives, dll. Monyet Laut ini bisa sampai masuk ke dalam beberapa film setelah Joe Orlando membuka karir mereka melalui cerita tentang hewan unik ini dalam buku komik karangannya.

Bahkan, pada tahun 1998 lebih tepatnya tanggal 29 Oktober, seorang astronot, John Glenn membawa hewan monyet laut ke luar angkasa dengan misi STS-95.

Itulah hewan hasil temuan Harold yang mirip dengan monyet dan hidup di air tawar. Dulu mereka belum begitu dikenal, tapi sekarang mereka sedang digemari banyak orang.

Life’s Little Mysteries

Comment di sini