Penyebab Telinga Berdengung Hingga Telinga Terkuat di Dunia

by
June 14th, 2012 at 8:25 am

Terkadang kita sering mendengar suara dengungan dari telinga atau dalam kepala kita. Berikut ini penyebab dengungan di telinga kita serta beberapa fakta tentang telinga kita yang cukup menarik.

1. Dengungan

Telinga kita bekerja seperti amplifier (penguat) suara, dan bekerja dengan cara memantulkannya. Dalam keadaan normal telinga akan memantulkan 85% suara dalam bentuk nada suara yang alami. Hal yang membuat kita sering merasakan “dengungan” di dalam telinga kita adalah persentase pemantulan suara yang terlalu besar oleh telinga kita.

2. Kotoran Telinga

Secara genetis, orang Asia dan Indian Amerika memilki kotoran telingan yang kering dan mengelupas sementara kaum Kaukasoid dan Afrika memilki tahi telinga yang lembab. Sekarang ini kotoran telinga menjadi bahan yang sangat berguna bagi para antropolog untuk mempelajari pola migrasi manusia zaman dahulu.

3. Telinga Panjang

Orang Cina kuno percaya bahwa masing-masing bagian dari telinga menggambarkan masa depan. Panjangnya telinga menunjukkan panjangnya usia, dan ketebalannya menggambarkan kemakmuran. Karena itu, Raja dan Kaisar kuno di Cina digambarkan dengan telinga yang luar biasa panjang (seperti sebagian besar patung Buddha).

4. Tindikan Telinga

Manusia mengenal tindik (piercing) sejak zaman pra-sejarah. Ötzi, seorang manusia es ditemukan telah menjadi mumi di sebuah gletser di pegunungan Alpine pada tahun 1991. Ötzi telah berusia 5300 tahun dan kedua telinganya ditindik.

5. Telinga Terkuat

Manjit Singh kuat menarik sebuah pesawat seberat 7.5 ton menggunakan telinganya. Dia menggunakan pengikat telinga yang tersambung ke kabel untuk menarik pesawat tersebut.

Comment di sini