CiriCara: 5 Cara Cegah Muntah-muntah Saat Menyikat Gigi

by
June 15th, 2012 at 1:38 pm

Konon katanya saat pagi hari merupakan saat tubuh untuk mengeluarkan racun yang sudah berhasil dibersihkan melalui enzim-enzim pada tubuh yang bekerja selama kita tertidur pulas. Itulah sebabnya kita pasti merasa sakit perut dan harus BAB pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Lalu bagaimana dengan rasa mual yang tiba-tiba datang ketika sedang menyikat gigi?

Apakah Anda mengalami hal ini setiap pagi? Jangan khawatir! Jika Anda merasa terganggu, CiriCara sudah merangkum 5 cara mengatasi mual saat menyikat gigi, khususnya di pagi hari.

Sebelum Anda mengetahui cara-cara mengatasinya, akan lebih baik kalau Anda mengenal penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut ini ada 5 penyebab yang membuat rasa mual muncul ketika sedang menyikat gigi.

1. Rasa mual itu bisa jadi karena asam lambung yang sedang tinggi saat Anda menyikat gigi. Atau bisa juga dikarenakan pasta gigi dengan rasa mint yang terlalu pedas memicu asam lambung kamu meningkat, sehingga muncullah rasa mual.

2. Ketika menyikat gigi, sikat gigi Anda terlalu kencang sampai mengenai bagian pangkal lidah. Hal ini juga dapat memicu rasa mual itu muncul. Karena bagian pangkal lidah sudah berdekatan dengan batang kerongkongan, tempat saluran makanan dari mulut yang mau masuk ke lambung. Sikat gigi mu yang mengenai bagian tersebut membuat otot-otot di batang kerongkongan menegang yang merangsang otot pada lambung pun bereaksi.

3. Batang kerongkongan Anda terlalu sensitif sehingga gesekan yang dihasilkan sikat gigimu menyebabkan kerongkongan mengadakan penolakan yang mencegah benda masuk ke dalamnya. Kerongkongan Anda mengganggap sikat gigi sebagai benda yang mengancam baginya sehingga ditolaknya, dan hal ini pun ditanggapi oleh lambung sehingga muncul rasa mual seperti ingin memuntahkan benda tersebut.

4. Apabila Anda sedang hamil, hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena rasa mual pada orang hamil itu sudah biasa. Kegiatan menyikat gigi hanyalah pemicu yang menmbah rasa mual Anda semakin parah.

5. Penyebab yang terakhir adalah alasan psikis yang Anda alami karena sering mengalami muntah saat menggosok gigi. Hal itu bisa menimbulkan trauma pada diri Anda.

Setelah mengenali kelima penyebab rasa mual yang muncul saat menyikat gigi, berikut ini adalah cara untuk mencegahnya.

1. Gunakanlah Air Hangat

Sebaiknya, minumlah air hangat di pagi hari sebelum menyikat gigi agar otot-otot di mulut Anda melemas. Gunakan pula air hangat saat menyikat gigi dan untuk berkumur.

2. Jangan Menyikat dengan Tenaga Terlalu Kuat

Selama ini Anda berpikir kalau menyikat gigi dengan kencang maka gigi Anda akan bersih? Kenyataanya tidaklah demikian, menyikat gigi terlalu kuat hanya membuat lapisan epidermis pada gigi terkikis. Jadi mulailah menyikat dengan perlahan namun pastikan Anda sudah menyikat seluruh bagian gigi adalah langkah yang tepat.

3. Hindarilah Menyikat Gigi dengan Mulut Terbuka

Perhatikan posisi mulut ketika sedang menyikat gigi. Cobalah untuk menjaganya tetap tertutup saat sikat gigi Anda berada di dalam mulut, serta lemaskan seluruh otot-otot di sekitar mulut Anda. Posisi mulut yang menganga lebar seperti posisi orang yang ingin muntah, hal ini secara psikologis mampu memicu timbulnya rasa mual saat menyikat gigi.

4. Jangan Sikat Mulut Anda Terlalu Dalam

Ada baiknya jika Anda memilih sikat yang memiliki bulu halus dan lembut sehingga tidak menimbulkan gesekan yang terlalu keras. Selain jangan menyikat gigi terlalu kencang, jangan pula menyikat mulut Anda terlalu dalam. Jika sikat menyentuh pangkal lidah Anda, maka rasa mual itu tak terhindarkan.

5. Gunakan Bantuan Obat Kumur dan Pembersih Lidah

Jika Anda masih merasa kurang puas dengan metode menyikat di atas, maka bisa tambahkan bantuan dengan menggunakan obat kumur dan alat pembersih lidah. Dengan begitu, mulut Anda tetap terjaga kesegarannya dan gigi pun tetap putih bersih tanpa adanya rasa mual yang mengganggu ketika menyikat gigi.

Itulah kelima cara yang bisa Anda praktikkan untuk mencegah munculnya rasa mual saat menyikat gigi.