CiriCara: Cara Membuat Tahu Berontak

by
June 15th, 2012 at 5:00 pm

Meski namanya tahu berontak, dijamin deh camilan ini gak bakal berontak saat dimakan. Camilan yang terbuat dari kombinasi antara tahu dan sayuran ini pasti enak. Selain jadi camilan, tahu berontak ini juga bisa jadi lauk makan.

Tahu berontak ini akan terlapisi oleh tepung yang renyah dan gurih. Saat dimakan, kamu pasti akan merasakan krenyes kulit luarnya namun dalamnya empuk. Dijamin kamu bakal suka deh sama camilan ini. Pengan coba membuatnya sendiri di rumah?

Resep Tahu Berontak

Bahan utama:
- 10 buah tahu goreng, ambil bagian isinya agar ada ruang untuk sayurannya (isian).

Isian:
- 1 buah wortel, potong dadu atau juga panjang kecil.
- 3 batang daun bawang, iris halus.
- ½ bungkus royco rasa ebi.
- 50 g daging sapi giling.
- Isian tahu yang diambil.

Bahan yang dihaluskan:
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok teh ebi, rendam dalam air panas, tiriskan
- 1 sendok teh lada
- 2 sendok teh garam

Adonan tahu berontak:
- 100 g tepung terigu
- ¼ lada
- Garam secukupnya
- 150 ml air

Cara membuat isian tahu berontak:
- Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan wortel dan daging sapi giling, masak hingga wortel layu dan daging matang.
- Masukkan daun bawang, isi tahu dan r0yco atau penyedap rasa, masak hingga semua bahan tercampur dan matang. Tiriskan sampai dingin.

Cara membuat tahu berontak:
- Masukkan isian yang sudah dibuat ke dalam 10 tahu goreng yang sudah diambil isinya. Ambil satu sendok atau secukupnya saja.
- Buat adonan: campur tepung terigu, lada dan garam aduk sampai rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi encer.
- Celupkan tahu yang sudah diberi isian kedalam adonan tepung terigu. Goreng tahu yang sudah dicelupkan hingga berwarna kecokelatan atau matang.
- Sajikan tahu berontak yang sudah matang di piring saji

Tahu berontak ini bisa disantap dengan pelengkap seperti sambal. Biasanya sambal yang paling cocok adalah sambal khas Indonesia yakni sambal kacang.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Comment di sini