Indonesia Negara Terburuk Ketiga Bagi Kaum Hawa

by
June 15th, 2012 at 11:59 am

Dalam suvei yang dilakukan Yayasan Thompson Reuters mengenai negara terburuk untuk kaum hawa atau perempuan, Indonesia menempati posisi ketiga. Di posisi pertama sebagai negara terburuk untuk perempuan adalah India dan posisi kedua diduduki oleh Arab Saudi.

Survei tersebut didasarkan pada beberapa faktor dari masing-masing negara. Mulai dari faktor pendidikan untuk perempuan, layanan kesehatan, jumlah kekerasan terhadap perempuan hingga peluang kerja untuk para perempuan.

Dari hasil survei, Indonesia berada diposisi ketiga sebagai negara terburuk untuk perempuan. Dengan kata lain, pendidikan, layanan kesehatan, dan peluang kerja perempuan di Indonesia masih kurang baik. Jumlah kekerasan terhadap perempuan di Indonesia juga tinggi.

Dalam survei ini India berada di posisi pertama sebagai negara terburuk untuk perempuan. Di India, perempuan sering dijadikan budak, disuruh menikah dini, bahkan juga dibunuh hanya karena masalah harta.

“Di India, perempuan dijual seperti budak, dipaksa menikah di usia 10 tahun, dan dibakar hidup-hidup,” kata Gulshun Rehman, penasehat pengembangan program kesehatan untuk organisasi sosial Save the Children, yang ikut serta dalam survei tersebut

Rehman juga menambahkan bahwa gadis remaja di India yang berprofesi sebagai pembantu sering mengalami pelecehan seksual. Kejadian ini seolah tidak pernah hilang, padahal di tahun 2005 India telah mengesahkan undang-undang pelarangan semua bentuk kekerasan terhadap perempuan.

Sementara untuk negara yang paling baik untuk perempuan dipercayakan ke Kanada. Di Kanada kaum perempuan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan yang sama seperti pria. Selain itu, Kanda juga membuat undang-undang larangan perkawinan di bawah umur.

Selain Kanada, ada tiga negara lain yang disebut sebagai negara terbaik untuk perempuan. Negara tersebut adalah Inggris, Prancis, dan Australia. Ketiga negara ini dianggap aman untuk penduduk perempuannya.

Comment di sini