Kenali Kepribadian Orang Lewat Sepatu

by
June 15th, 2012 at 2:57 pm

Ternyata sepatu bisa menjadi cara untuk mengenali kepribadian manusia. Penelitian ini dilakukan oleh ahli psikologi dari Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa watak seseorang ternyata bisa dinilai dari alas kaki yang mereka pakai.

Para peneliti dari University of Kansas melakukan penelitian yang melibatkan 63 mahasiswa. Para peserta diminta untuk melihat foto 208 pasang sepatu berbeda milik sukarelawan. Foto-foto itu dijadikan alat untuk menebak usia, kelamin, dan juga status sosial si pemilik sepatu. Karakter lain yang juga dinilai adalah apakah pemilik sepatu ini orang yang terbuka, tertutup, liberal atau konservatif bahkan beremosi stabil.

Hasilnya sungguh mengejutkan karena 90 persen para mahasiswa dapat menebak karakter pemilik sepatu. Dengan demikian, disadari atau tidak, manusia ternyata melekatkan kepribadiannya pada sepasang sepatu yang dipakai. Omri Gillath, ahli psikologi dari University of Kansas mengatakan bahwa pada sepatu terdapat informasi tentang si pemakai. Hasil penelitian ini dipublikasikan di Journal of Research in Personality yang terbit online pada bulan Agustus nanti.

Seseorang biasanya akan memperhatikan alas kaki yang dia pakai. Karena alasan ini pula, dalam sepatu terdapat pesan mengenai karakter si pemakai. Beragam pesan simbolik disampaikan melalui sepatu.

Karakter dan beberapa jenis sepatu ternyata memiliki keterkaitan contohnya adalah si pemilik sepatu yang desainnya mencolok menunjukkan bahwa dia memiliki kepribadian yang terbuka atau ekstrovert. Sepatu lama yang selalu tampak baru dimiliki oleh orang yang selalu teratur dan rapi.

Sepatu praktis dan fungsional biasa dipakai oleh orang yang ramah sedangkan sepatu boot ternyata sesuai dengan karakter orang yang agresif. Orang yang memiliki kepribadian tenang ternyata suka memakai sepatu yang tampak tidak nyaman.

Pemilik sepatu yang terjaga dengan baik atau sepatu baru biasanya adalah seseorang yang memiliki kecemasan akan hubungannya dengan pasangan. Hal ini terlihat dari bagaimana orang tersebut khawatir akan penampilan dan juga cara pandang orang terhadap dirinya.

Sandal jepit yang tampak murah dan lusuh biasa dikenakan oleh orang-orang liberal. Ini menunjukkan bahwa sepatu juga dapat menggambarkan paradigma berpikir seseorang. Ternyata sepatu tidak dapat digunakan untuk menemukan beberapa sifat seperti enggan mencari pasangan dan teman baru. Orang dengan sifat seperti ini mengaku selalu menggunakan sepatu dengan model membosankan.

Sepatu kamu modelnya seperti apa?

Comment di sini