Kenapa Laut Menjadi Semakin Panas?

by
June 15th, 2012 at 3:04 pm

Berdasarkan data terbaru, kondisi temperatur air laut semakin meningkat dalam 50 tahun terakhir ini. Temperatur air laut belakangan ini semakin memanas dengan jumlah peningkatan hampir mencapai setengah derajat Celcius. Lalu kenapa laut menjadi semakin panas?

Menurut penelitian, penyebab panasnya air laut ada dua macam yakni faktor alami dan perubahan lingkungan akibat ulah manusia. Jika dari faktor alami, air laut akan jadi panas dalam waktu yang cukup lama. Dengan kata lain faktor manusialah yang paling berperan besar dalam peningkatan suhu air laut.

“Penelitian tersebut menguatkan kesimpulan bahwa pemanasan laut global selama 50 tahun terakhir adalah akibat kegiatan manusia,” ujar peniliti iklim Peter Gleckler dari Lawrence Livemore National Laboratoty seperti dikutip dari YahooNews, Jumat (15/6/2012).

Dari hasil pengukuran suhu air laut di kedalaman 2.300 kaki (700 meter), panas air laut meningkat hingga 0.045 derajat Fahrenheit atau setara dengan 0,025 derajat Celcius. Peningkatan suhu ini terjadi hanya dalam kurun waktu per dekade.

Jika melihat cepatnya peningkatan jumlah suhu tersebut, sudah dipastikan peningkatan suhu air laut ini akibat ulah manusia. Hal ini disebabkan semakin banyaknya emisi gas rumah kaca manusia.

Gleckler menyatakan bahwa pihaknya tidak bisa menemukan penyebab alami yang bisa mengakibatkan peningkatan suhu air laut. Meski mencoba berbagai macam kemungkinan tetap saja ini adalah ulah manusia. “Manusia memiliki peran besar,” ujarnya.

Sebelumnya tim yang dipimpin oleh Gleckler melakukan sebuah ujicoba untuk membandingkan seberapa besar pengaruh manusia dalam peningkatan suhu air laut. Dimana dia menemukan efek emisi gas rumah kaca jauh lebih cepat meningkatkan suhu air dibanding dengan faktor alami.

Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah suhu air laut meningkat lantaran ulah manusia. Beruntung peningakatan suhu air laut jauh lebih lambat dibanding peningkatan suhu atmosfer.

Comment di sini