Mulai Hari Ini Tak Bisa Sembarangan Kredit Motor

by
June 15th, 2012 at 10:58 am

Yellow Dog Productions / Getty

Kredit motor tak akan semudah dulu lagi. Biasanya, kita bisa pilih sendiri berapa jumlah uang muka yang harus kita serahkan. Sekarang pun, kita masih bebas untuk memilih, cuma pilihannya diperkecil karena peraturan dari Bank Indonesia yang mengatur tentang Kredit Kendaraan Bermotor dan Kredit Kepemilikan Rumah berlaku mulai hari ini, 15 Juni 2012.

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 14/10/DPNP tertanggal 15 Maret 2012. Mulai berlakunya peraturan ini memaksa perbankan agar setiap KKB roda dua dikenai uang muka 25 persen. Untuk mobil dan Kredit Kepemilikan Rumah, uang muka yang harus disetorkan adalah 30 persen.

Hal ini dilakukan sebagai efisiensi demi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap tinggi. Pada 2010, pertumbuhan kredit Indonesia adalah 23-24%. lalu naik menjadi 25% pada 2011 lalu. Perkiraan tahun ini akan tumbuh hingga 26-27% di mana perekonomian dunia sedang melambat.

“Di dunia, orang akan menganggap kalau pertumbuhan lambat, tapi kredit tinggi, maka risiko NPL (kredit bermasalah) akan naik,” ujar Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, seperti dikutip dari Tempo.

Kenapa yang dibatasi Kredit Kendaraan Bermotor dan Kredit Kepemilikan Rumah? Karena kedua kredit tersebut dinilai kurang produktif dan berjangka panjang.

Beberapa pihak protes dan meminta Bank Indonesia untuk menunda pemberlakuan peraturan tersebut. Namun, BI dengan tegas menolak karena tidak ingin risiko kredit macet di Indonesia meningkat di saat krisis ekonomi global masih terjadi.

Comment di sini