Pilih Sikat Gigi Teratur atau Terkena Kanker?

by
June 15th, 2012 at 8:35 am

Para ilmuwan di Swedia baru saja menemukan fakta bahwa ternyata ada kaitan antara plak pada gigi dan risiko kematian dini akibat kanker. Sepertinya kebersihan rongga mulut dan gigi harus menjadi perhatian utama karena risiko yang ditimbulkan bisa gawat.

Penelitian yang bersifat pengamatan ini dipublikasikan daring dalam British Medical Journal Open yang melibatkan 1.390 orang antara tahun 1985 dan 2009. Pada awal penelitian, seluruh partisipan ditanya mengenai faktor-faktor kemungkinan adanya risiko peningkatan kanker termasuk juga penilaian kebersihan mulut mereka.

Setelah 24 tahun berlalu, 58 pasien meninggal dan 35% di antaranya akibat kanker. Mereka yang meninggal ternyata memiliki jumlah plak gigi yang jauh lebih banyak. Indeks plak gigi pada paritisipan yang sudah meninggal lebih tinggi daripada mereka yang masih hidup.

Para peneliti juga mencatat partisipan yang meninggal indeks plak giginya antara 0,84 sampai 0,91 ini menunjukkan bahwa daerah gusi pada gigi juga ditutupi plak. Mereka yang masih hidup memiliki indeks plak yang masih rendah sekitar 0,66 sampai 0,67 yang berarti cakupan plak hanya sebagian saja.

Para peneliti mencatat usia kematian perempuan rata-rata adalah 61 tahun sedangkan pada pria adalah 60 tahun. Mereka berpendapat usia kematian itu terlalu dini karena sesungguhnya pria bisa hidup 8,5 tahun lebih lama, sedangkan para wanita mampu menyambung hidup hingga 13 tahun ke depan.

Seorang peneliti mengatakan bahwa tingginya muatan bakteri pada permukaan gigi dan gingiva selama waktu yang berkepanjangan mungkin berperan dalam kasus karsinogenesis, dimana terdapat zat yang menjadi pemicu terjadinya kanker.

Para peneliti ini juga mengingatkan bahwa hasil temuan ini tidak serta merta menyimpulkan bahwa penyebab plak gigi adalah penyebab kanker. Peneliti ini kemudian menjelaskan bahwa hipotesis penelitian mereka melihat dampak buruk kebersihan mulut yang terlihat dari jumlah plak gigi dan dikaitkan dengan kematian akibat kanker. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat apakah ada faktor kausal dalam hubungan yang diamati.

Plak gigi merupakan tanda bahwa kebersihan mulut sangat buruk dan merupakan sumber potensi infeksi yang juga berhubungan dengan masalah kesehatan sistemik dalam tubuh manusia.

Comment di sini