Streaming Lebih Cepat Dengan Kehadiran YouTube Indonesia

by
June 15th, 2012 at 12:02 pm

Beberapa bulan yang lalu, Google meluncurkan Google Indonesia. Kini, salah satu situs yang dikelola raksasa mesin pencari tersebut kembali hadir di Indonesia.

Dengan logo yang berhiaskan ciri khas Ibukota Jakarta, Youtube kini dapat diakses melalui domain lokal (youtube.co.id). Dengan tersedianya domain lokal ini, diharapkan proses pencarian, unggah, dan unduh atau streaming menjadi jauh lebih cepat.

Tidak banyak yang berubah dari logo Youtube. Untuk menandakan bahwa logo tersebut merupakan Youtube Indonesia, dibubuhkan siluet Monas seolah mewakiliki huruf ‘I’ yang berarti Indonesia. Untuk memperkental kesan ‘Indonesia’ pada logo tersebut, kotak berwarna merah yang menjadi background tulisan “Tube”, kini berhiaskan gambar Wayang.

Logo berhiaskan Indonesia ini juga berfungsi sebagai penanda fitur ‘lokasi’. Fitur ini akan secara otomatis menampilkan video-video populer atau rekomendasi berdasarkan regional tertentu. Selain memberi ‘perwakilan’ Indonesia pada logo mereka. Youtube Indonesia juga menggaet beberapa media seperti Kompas TV, Kompas Cybermedia, Viva Media Group, dan MyTrans.com.

Para pekerja di industri musik pun ikut bekerja sama dengan Youtube Indonesia, seperti Aquarius, Nagaswara, Trinity, GP Records, dan Musica Studios.

Indonesia bukan negara pertama yang mendapat kemudahan domain dan konten lokal dari Youtube. Setelah diakuisisi oleh Google, Youtube semakin berkembang dan menyediakan konten lokal di lebih dari 40 negara dengan pengunjung lebih dari 800 juta pengguna setiap bulannya.

Comment di sini