Buruh Pabrik Pembuat iPad Lagi- lagi Bunuh Diri

by
June 17th, 2012 at 12:27 pm

Telegraph

Lagi-lagi terjadi peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh buruh pabrik pembuat produk Apple di China.

Seorang buruh yang baru bekerja selama satu bulan di Foxconn Technology Group bunuh diri dengan cara melompat dari atap apartemen yang ia tinggali. Pria berusia 23 tahun itu tewas di tempat kejadian di Chengdu, China, karena melompat dari ketinggian 18 lantai.

Peristiwa bunuh dirinya buruh pembuat produk elektronik dan gadget keluaran merk kesohor semacam Dell, Sony, Nintendo, Microsoft, dan Apple ini bukanlah yang kali pertama terjadi.

Diketahui sejak dua tahun belakangan, belasan buruh bertindak nekat dengan melakukan bunuh diri karena berbagai alasan, terutama karena tidak adanya kepastian kesejahteraan bagi buruh dan kecilnya upah yang mereka terima.

Peristiwa ini merupakan yang pertama terjadi sejak Foxconn dan Apple menandatangani perjanjian peningkatan kesejahteraan dan pengumuman kenaikan upah sebesar 16-25 persen oleh Foxconn pada Februari dan Maret 2012.

Di dalam perjanjian, Foxconn berjanji akan mengurangi jam lembur dan meningkatkan peraturan keamanan serta kualitas tempat penginapan bagi para buruh.

Foxconn merupakan pabrik manufaktur terbesar di China yang memiliki kerjasama dengan sejumlah perusahaan internasional, namun Apple merupakan klien yang paling besar.

iPad, iPhone, dan sejumlah produk Apple lainnya dibuat di pabrik yang memiliki lebih dari 1,2 juta buruh ini.

Apple terkena damprat oleh publik karena dianggap tidak mempedulikan buruh yang dipekerjakan di Foxconn. Sejak 2010, belasan buruh telah bunuh diri.

Pada Januari 2012, ratusan buruh mengancam akan bunuh diri massal apabila pabrik yang berlokasi di Shenzen tersebut tidak menaikkan upah dan memperbaiki kondisi kerja.

Comment di sini