Piala AFF 2012, Bermain di Malaysia Untungkan Indonesia

by
June 17th, 2012 at 11:56 am

Malaysia dan Thailand siap menjadi tuan rumah Piala AFF 2012 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 24 November – 22 Desember 2012 mendatang.

Keputusan Dewan AFF yang dikeluarkan pada 19 Februari 2011 ini sedikit menguntungkan Indonesia apabila Timnas Garuda mendapatkan kesempatan bermain di negeri jiran, Malaysia.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin mengatakan PSSI berharap timnas bisa berlaga di grup yang dijadwalkan bermain di Malaysia karena ada banyak masyarakat Indonesia yang berada di sana.

Seperti dikutip dari Tempo (16/6), Djohar mengungkapkan akan ada banyak suporter yang bisa mendukung timnas Indonesia di lapangan hijau.

Namun, timnas tak akan gentar meskipun pada akhirnya akan bermain di grup yang berada di Thailand karena kekuatan Irfan Bachdim dkk. akan lebih solid dengan bertambahnya pemain yang bisa diikutsertakan di dalam timnas.

Masih tergores di ingatan setiap penggila bola Indonesia ketika Malaysia berhasil membungkam Bambang Pamungkas cs. di Piala AFF 2010. Di pertemuan pertama, timnas kalah 3-0, sedangkan di Tanah Air Indonesia hanya mampu menang dengan skor 2-1.

Malaysia menghadirkan antiklimaks dengan agregat skor 4-2 dan menggondol Piala AFF yang sebelumnya tampak mudah akan diraih Timnas Indonesia.

Djohar memberikan target mutlak juara Piala AFF 2012 bagi anak asuhan Nil Maizar (lihat: Profil Nil Maizar). Paling tidak akan ada 6 kali pertandingan uji coba melawan tim yang lebih kuat sebelum timnas berlaga di Piala AFF 2012.

Hingga hari ini, Timnas Indonesia belum mampu memberikan trofi yang sudah lama diidam-idamkan pecinta sepakbola Indonesia. Sementara ini timnas masih diisi pemain yang masih muda dan minim pengalaman karena terbatasnya pilihan akibat konflik internal PSSI yang dikabarkan akan bisa segera diakhiri setelah ada pertemuan dari pihak yang bersangkutan.

Para pemain sendiri tidak mau konflik terus berlanjut karena pasti akan mempengaruhi performa mereka baik di klub maupun timnas.

Comment di sini