3 Bagian Tubuh yang Dapat Sebabkan Kematian Jika Terpukul

by
June 18th, 2012 at 1:34 pm

Berhati-hatilah kamu yang suka mengikuti olahraga bela diri. Olahraga bela diri memang penting untuk menjaga diri dari serangan orang yang tak dikenal. Tapi bukan berarti kemampuan bela diri itu nantinya dipakai untuk berkelahi sembarangan di pinggir jalan, ataupun digunakan untuk meluapkan emosi yang tak terkendali.

Anda juga harus berhati-hati dalam mendaratkan pukulan kepada lawan, sebab ada beberapa daerah di tubuh kita yang rentan mengakibatkan kematian walau hanya terkena satu kali pukulan.

Bagi Anda yang mengikuti olahraga bela diri, pasti sudah mengetahui bagian-bagian mana saja yang dapat langsung menyebabkan kematian.

Inilah ketiga bagian tubuh yang harus Anda lindungi sebab jika terkenal pukulan atau hantaman yang keras akan berakibat fatal.

1. Pukulan di belakang kepala

Kepala bagian belakang merupakan letak otak kecil. Otak kecil sangat penting fungsinya. Walaupun disebut otak kecil tapi ini merupakan bagian terbesar dari keseluruhan otak. Otak kecil  mengatur tingkat kesadaran manusia, posisi tubuh, mengatur sikap manusia dan gerakan-gerakan otot pada tubuh manusia. Sehingga pukulan pada bagian belakang kepala ini akan mengganggu sistem kerja saraf pada otak kecil, tak heran jika seseorang akan langsung pingsan atau bahkan tewas dengan sekali pukulan di bagian belakang kepala.

2. Pukulan di dada

Dada manusia hanya dilindungi oleh serangkaian tulang rusuk. Di dalam rangkaian tulang rusuk tersebut terdapat organ-organ penting dalam tubuh, seperti paru-paru dan jantung. Pukulan yang sangat keras jika didaratkan di bagian depan dada mampu membuat otot jantung manusia berhenti, sehingga denyut jantung pun akan berhenti sesaat atau bahkan tidak mampu untuk berdetak lagi.

3. Pukulan pada leher

Leher manusia memiliki banyak sistem saraf dan pembuluh darah penting seperti carotid artery. Jika leher terkena pukulan keras maka pembuluh darah dan saraf yang menyelimutinya akan mengalami kerusakan sehingga tidak saja terjadi gangguan pada pendistribusian oksigen ke otak, tapi juga dapat menyebabkan kelumpuhan total pada sistem saraf. Hal ini dapat menyebabkan kematian.

Itulah ketiga bagian tubuh yang harus dilindungi karena akan berakibat fatal hanya dengan satu kali pukulan keras.

Comment di sini