Ayam Tanpa Kepala Mampu Hidup Selama 2 Tahun

by
June 18th, 2012 at 3:37 pm

Bob Landry—Time & Life Pictures/Getty Images

Ayam jantan yang dipelihara oleh Clara Olsen dan suaminya, Llyod Olsen mampu bertahan hidup hingga 2 tahun lamanya setelah kehilangan kepalanya akibat sebuah insiden yang terjadi di rumah keluarga Olsen pada tahun 1945.

Pada 10 September 1945, Clara berencana untuk membuat hidangan yang lezat pada malam itu dan ayam jantan yang dinamai Mike tampak begitu lezat untuk disantap. Dia ingin memotong ayam ini untuk diolah sebagai menu makan malam mereka bersama sang ibu yang hendak datang ke rumahnya.

Setelah sang suami sudah mengambil ancang-ancang untuk memotong leher ayam jantan ini, ternyata dia meleset dan pisaunya hanya mengenai bagian kepala si ayam saja.

Merasa kesakitan karena kehilangan kepalanya, Mike berlari kian kemari. Tapi herannya, Mike tetap bisa bertahan hidup meski kepalanya sudah terpotong. Ayam ini tetap bisa berjalan, mengais-ais tanah dengan cakarnya, layaknya ayam-ayam lain di peternakan.

Bob Landry—Time & Life Pictures/Getty Images

Melihat hal ini, Olsen menjadi penasaran dan membawa Mike ke Utah University di Salt Lake, Amerika Serikat. Ilmuwan di sana menjawab semua pertanyaan Olsen mengenai ayamnya ini. Ternyata Mike masih dapat hidup karena mata pisau yang digunakan oleh Olsen yang memenggal kepalanya tidak sampai mengenai urat nadinya, dan darah-darah beku pada bagian leher ayam ini yang membuatnya tidak mengalami pendarahan yang bisa menyebabkannya mati.

Mike memang telah kehilangan otak dan kepalanya, namun dengan satu telinga yang masih menempel pada tubuhnya serta batang otak yang masih melekat pada lehernya, ayam ini masih memiliki refleks yang cukup untuk melanjutkan hidupnya meski tanpa kepala sebab pusat kendali gerakan dan refleks pada ayam sebagian besar dikendalikan oleh batang-batang otak yang masih ada di bagian lehernya.

Bob Landry—Time & Life Pictures/Getty Images

Ayam tanpa kepala ini tentu perawatan yang istimewa seperti cara memberi makan dan minumnya. Olsen menggunakan pipet untuk memberinya minum dan beberapa makanan cair yang langsung diteteskan pada saluran esofagusnya.

Akibat kecelakaan yang tidak disengaja tersebut, Mike menjadi ayam tanpa kepala yang terkenal dengan tur-nya di beberapa kota seperti New York, Los Angeles dan San Diego. Mereka rela membayar sebesar 25 sen dollar Amerika untuk melihat ayam unik ini.

Fact Day

Comment di sini