Celana Dalam Ketat Bisa Mengakibatkan Kemandulan

by
June 18th, 2012 at 10:10 am

Celana ketat ternyata lebih berbahaya bagi pria daripada gaya hidup yang buruk seperti mengonsumsi alkohol dan rokok. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa menggunakan celana dalam yang ketat ternyata memiliki kemungkinan yang lebih tinggi menjadi sebab gangguan kesuburan pada pria.

Berdasarkan penelitian ini para peneliti mengungkap bahwa merubah gaya hidup dengan berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol memang dapat menurunkan risiko masalah kesuburan namun ternyata perbedaannya tidak terlalu besar.

Dalam penelitian, mereka tidak menemukan hubungan antara daya gerak (motilitas) sperma dengan rokok dan alkohol, obesitas dan juga penggunaan obat-obatan. Namun memakai pakaian ketat berkaitan dengan motilitas sperma yang berkurang.

Penelitian ini melibatkan 2.249 orang yang menjalani perawatan di 14 klinik kesuburan di sekitar Inggris. Para pasien mencoba untuk mendapatkan anak dengan pasangan mereka selama 1 tahun, namun gagal. Para partisipan diminta mengisi kuesioner yang berisi tentang latar belakang dan juga gaya hidup mereka serta memberikan sampel air mani untuk diuji dan diteliti kesehatan serta kecepatan pergerakannya.

Hasilnya cukup mengejutkan karena 40 dari 100 pria memiliki kualitas sperma yang tidak baik. Hal yang unik di sini adalah ternyata mereka yang kesehatan spermanya buruk sangat jarang merokok, minum alkohol, menggunakan obat-obatan dan bukan penderita obesitas atau berat badan berlebih.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Human Reproduction ini menyimpulkan bahwa sperma para pria memiliki kualitas yang tidak baik itu ternyata memiliki kebiasaan memakai celana dalam yang ketat. Penelitian sebelum ini menyebutkan bahwa pakaian dalam yang ketat dapat membuat produksi sperma melambat dan juga meningkatkan suhu testis.

Comment di sini