CiriCara: 10 Cara Bikin BlackBerry Awet

by
June 18th, 2012 at 3:53 pm

Sekarang ini, ponsel pintar Blackberry (BB) bukan lagi barang baru. Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pengguna BB terbanyak di dunia. Mungkin, saking sayangnya kamu dengan BB yang kamu pakai, ponsel pintar itu tak pernah bisa lepas dari kantung celana.

Namun ingat, sayang berarti kamu harus tahu cara membuat BB tetap awet agar tetap bisa berguna. CiriCara akan berbagi tips untuk membuat BB kamu tetap awet walau sudah dipakai lama.

1. Cara mematikan yang benar

Jangan biasakan cabut baterai tanpa mematikan BB kamu. Sebaiknya kamu tekan tombol “Turn Power Off”, tunggu sekitar 5 detik hingga kamu yakin bahwa BB kamu sudah berhenti beroperasi.

2. Beri jeda waktu

Sebelum kamu memasang kembali baterai yang baru saja kamu cabut, tunggu sekitar 5-10 detik.

3. Clear Log

Biasakan melakukan Clear Log pada BB kamu dengan cara menekan alt+LGLG di “home screen“. Lalu pilih menu Clear Log. Terlalu banyak menyimpan Log akan berpengaruh terhadap performance BB kamu.

4. Reboot

Lakukan Reboot pada BB setidaknya satu kali dalam sehari dengan cara menekan tombol alt+shift(aA)+del atau bisa juga dengan mencabut baterai kamu. Kalau kamu lebih suka mencabut baterai, ikuti cara nomor 1 dan 2.

5. Clear Cache

Setelah melakukan browsing, bersihkan ‘sisa-sisa‘ penjelajahan internet yang masih tersisa di BB kamu. Caranya dengan menggunakan menu ‘Clear History‘ di perambah kamu.

6. Charger

Hindari penggunaan charger BB yang non-original karena berpotensi merusak baterai kamu.

7. Seleksi aplikasi

Kamu harus tahu aplikasi-aplikasi mana yang memang kamu perlu, dan aplikasi mana yang kompatibel dengan jenis BB dan Operating System (OS) kamu. Jangan pasang terlalu banyak aplikasi.

8. Refresh

Seperti kamu, BB juga perlu di-refresh supaya tetap segar dan kinerja tetap terjaga. Caranya, bisa menggunakan aplikasi Quickpull untuk restart otomatis dan terjadwal. Atau cukup tekan alt+caps+del.

9. Back-up

Untuk berjaga-jaga,back-up BB kamu secara rutin supaya tidak kehilangan data-data penting di dalamnya. Caranya, tinggal masukkan CD yang kamu dapatkan sewaktu membeli BB, kemudian pasang ke PC. Setelah terpasang, colok BB ke PC, kemudian pilih menu Backup.

10. Memory Card (MMC)

Gunakan Memory Card yang berkualitas. Bagi yang belum tahu, MMC itu terbagi ke dalam beberapa kelas. Sejauh ini kelas yang paling bagus adalah Class 10. Yang membedakan masing-masing kelas adalah kemampuan MMC tersebut dibaca oleh BB kamu. Semakin tinggi kelas MMC kamu, semakin cepat BB kamu membaca dan membaut data di dalam MMC.

Mudah-mudahan, BB yang kamu pakai awet dan bisa menjadi kenangan sekolah, kuliah, kerja, dan terutama, si pacar.

Comment di sini