CiriCara: 5 Cara Membuat Gigi Rapi dan Sehat

by
June 18th, 2012 at 11:45 am

Gigi merupakan elemen penting dalam tubuh manusia. Tanpa gigi, orang tidak mampu mengunyah makanan. Tanpa gigi yang sehat, seseorang bisa malu untuk tersenyum. Gigi yang tidak sehat membuat orang jadi kurang percaya diri. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk merawat gigi anak dengan baik sedini mungkin.

Anak-anak masih cenderung kurang peduli terhadap penampilan dan kesehatan dirinya sendiri, peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini. Para orang tua hendaknya harus mengingatkan anak-anak untuk tidak malas menyikat gigi.

Inilah kelima hal yang harus diperhatikan agar gigi anak-anak Anda tetap sehat dan bersih.

1. Hindari makanan manis

Prevention Indonesia

Jangan biasakan anak terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis. Kandungan gula yang ada di dalam makanan tersebut mampu membuat lapisan gigi menjadi keropos. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis, nantinya akan berakibat gigi berlubang dan berwarna hitam.

2. Perbanyak asupan vitamin

Hilo

Daripada membiarkan anak mengonsumsi makanan manis, lebih baik berikan mereka buah-buahan yang memiliki rasa manis alami dan juga kaya akan vitamin. Asupan vitamin yang banyak dalam tubuh si anak mampu membuat gigi mereka kuat dan gusi mereka sehat.

Anda juga bisa menambahkan menu makanan berserat pada menu anak setiap harinya, seperti daging dan sayuran. Serat yang didapat dalam daging dan sayuran mampu membuat si anak terhindar dari pertumbuhan susunan gigi yang bertumpuk.

3. Hentikan kebiasaan mengisap dot

Sebaiknya, dot pada anak hanya digunakan sampai usia 2 tahun saja. Jika terlalu lama anak Anda mengisap dot maupun minum susu dari botol, maka akan berdampak bagi susunan gigi si anak. Kegiatan mengisap seperti itu akan memicu gigi anak-anak menjadi maju ke depan. Jadi, jika anak-anak Anda sudah memasuki usia 2 tahun sebaiknya mulai biasakan mereka minum susu dari gelas, dan hentikan kebiasaan mereka mengisap dot ataupun jari tangan.

4. Biasakan menyikat gigi

Waktu menyikat gigi yang baik adalah 2x sehari, pada pagi dan malam hari. Pada malam hari sebelum tidur, ajaklah anak-anak untuk menyikat gigi mereka. Kemudian, pada pagi hari, setelah mereka selesai menyantap sarapan, ingatkan untuk menyikat gigi sebelum mereka pergi ke sekolah. Ajarkan hal ini kepada anak Anda sampai menjadi kebiasaan yang harus mereka lakukan.

5. Kunjungi dokter gigi secara rutin

Walaupun Anda sudah menjaga makanan anak, dan mengajarkan mereka cara merawat gigi yang benar. Tetap, Anda harus mengajaknya melakukan kunjungan ke dokter gigi dengan durasi rutin sebanyak 1x dalam 6 bulan. Dengan demikian pertumbuhan gigi mereka tetap terpantau.

Itulah kelima hal yang harus dilakukan jika ingin anak Anda memiliki gigi yang sehat dan sehat.

Comment di sini