CiriCara: 7 Cara Mengatur Keuangan Bagi Wanita

by
June 18th, 2012 at 1:16 pm

Idiva

Uang memang salah satu hal yang menjadi faktor penting dalam kehidupan. Semua pembelian dan pembayaran menggunakan uang namun ada hal yang harus diperhatikan tentang bagaimana cara mengatur keuangan bagi wanita.

Wanita memang tidak memiliki kewajiban bekerja karena tanggung jawab itu adalah milik suami. Namun tidak ada salahnya melakukan persiapan untuk menghadapi hal yang tidajk terduga dan menjadi wanita yang mandiri. Agar tak salah mengatur keuangan, simak tips berikut ini:

1. Mandiri

Mampu menyisihkan sebagian uang yang dihasilkan sebagai seorang pekerja. Hal ini sangat penting untuk menghadapi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan pekerjaan secara tiba-tiba.

2. Membuat anggaran

Seorang wanita yang baik harus tahu cara membuat anggaran agar tidak terjerumus dalam hutang dan siap menghadapai kejadian yang tidak bisa disangka seperti bencana alam atau PHK massal. Jangan hanya membuat anggaran, namun juga harus disiplin dalam menjalankan. Membuat anggaran bukan hanya sebatas bulanan tapi juga untuk masa depan seperti bagaimana mengatur keuangan keluarga.

3. Paham akan utang yang dia punya

Jika seseorang memiliki kartu kredit, dia harus tahu kapan dia mampu melunasi utangnya. Dengan mengerti rasio utang dan uang yang dimiliki siapapun akan terhindar dari jeratan utang.

4. Bersiap menghadapi pensiun

Bila kamu adalah seorang karyawan sudah pasti kamu akan mengalami masa pensiun dimana tenaga kamu sudah tidak dibutuhkan lagi. Dengan mengetahui hal ini, tentu saja seseorang harus memiliki dana pensiun yang akan mereka gunakan ketika sudah tidak bisa lagi bekerja.

5. Prioritas keuangan

Saat mengatur keuangan, hal yang harus diperhatikan adalah mengenali prioritas. Jangan hanya terpaku pada konsumsi namun investasi juga harus diperhatikan. Investasi adalah salah satu persiapan yang baik untuk menghadapi masa depan.

6. Mengerti Undang-undang yang berlaku

Undang-undang yang dimaksud di sini bukanlah undang-undang secara keseluruhan namun hanya pada masalah yang umum seperti penipuan dan hak-hak wanita khususnya. Bila seseorang tidak tahu apa saja hak mereka, tentu saja mereka tidak akan tahu apabila hak mereka telah dilanggar oleh pihak lain. Jangan sampai kamu tertipu layanan kartu kredit yang sedang marak terjadi karena kecerobohan bocornya data pribadi. Kamu juga harus paham masalah perpajakan dan lelang serta hutang.

7. Bisa membaca laporan kredit dan keuangan

Menggunakan jasa bank boleh saja namun kamu harus menjadi konsumen yang pintar dengan melihat dan membaca laporan yang diberikan. Laporan keuangan dan kredit kamu bisa saja keliru. Dengan begini kamu bisa mengurangi resiko kerugian akibat lalai dalam hal laporan keuangan.

Itu dia 7 tips yang bisa dilakukan agar menjadi seorang wanita yang mandiri bukan hanya sebagai pribadi namun secara finansial. Jika ingin menjadi perempuan yang sukses, pastikan kamu memiliki persiapan yang cukup dan pengetahuan yang memadai.

Comment di sini