CiriCara: Cara Memutihkan Gigi

by
June 18th, 2012 at 2:48 pm

Masalah gigi tidak hanya pada susunannya yang seringkali bertumpuk. Banyak orang mengalami kendala pada warna putih gigi yang mulai pudar atau berubah menjadi kekuning-kuningan.

Setelah kita mengetahui cara membuat gigi rapi dan sehat, maka inilah cara untuk memutihkan gigi yang sudah menguning.

1. Kulit jeruk

Biasanya, kita hanya memakan daging buah jeruk lalu membuang kulitnya. Setelah membaca artikel ini, jangan buang kulit jeruk karena ternyata kulit jeruk berkhasiat untuk memutihkan kembali gigi yang sudah kuning. Mengapa demikian? Kulit jeruk mengandung unsur-unsur pemutih yang dapat menghilangkan noda pada email gigi. Anda tidak perlu memakan kulit jeruk tersebut, cukup dengan menggesek-gesekkan kulit jeruk yang masih segar ke seluruh permukaan gigi Anda. Tentunya hal ini tidak cukup dilakukan 1 kali. Anda perlu mengulang kegiatan ini sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Siwak

Siwak atau yang sering disebut sebagai miswak merupakan sejenis akar pohon yang dipercayai oleh sebagian besar umat Muslim dapat mengembalikan lapisan email gigi yang berwarna putih. Penyebab umat Muslim banyak yang menggunakan siwak untuk memutihkan gigi kembali karena buah siwak tercatat memiliki 70 keunggulan yang sudah lama dijelaskan dalam sejarah kebudayaan Islam.

3. Baking Soda

Jika Anda hanya tahu kalau baking soda hanya dapat dijadikan dalam campuran adonan kue, maka sekarang ada informasi tambahan mengenai baking soda. Ternyata di dalam baking soda terdapat unsur-unsur kimia yang mampu menghilangkan noda. Anda cukup mengoleskan baking soda ke seluruh gigi dan membiarkannya bekerja selama 10 menit sampai noda-nodanya mulai hilang, barulah sikat gigi Anda hingga bersih. Akan tetapi, penggunaan baking soda berlebihan pada gigi justru akan merusak lapisan gigi.

4. Strawberry

Buah yang berwarna merah dengan rasa kecut-kecut manis, juga mampu menghilangkan noda kuning pada gigi dan mengembalikan warna putih gigi yang cemerlang. Anda tidak perlu menggosok-gosokkan buah strawberry ini melainkan harus banyak mengonsumsinya.

5. Keju

Mungkin makanan ini baik untuk mengembalikan lapisan email gigi yang berwarna putih cemerlang tapi ini tidak baik bagi diet Anda, jika Anda memang sedang dalam program diet. Terlepas dari kandungan kalori yang sangat tinggi hingga dapat menyebabkan meningkatnya berat badan, keju juga memiliki kandungan kalsium yang dapat menguatkan gigi serta memutihkan gigi. Tidak hanya keju tapi semua produk dari susu seperti youghurt juga dapat membantu memutihkan gigi Anda kembali.

6. Pasta lemon-garam

Pasta makanan khas negara Italia ini mungkin menjadi salah satu menu favorit Anda. Tapi ternyata pasta tidak hanya lezat untuk disantap saja. Pasta juga bisa membantu Anda menghilangkan noda kuning pada gigi. Rebuslah pasta sesuai keperluan, kemudian beri perasan jeruk lemon dan taburi garam. Aduk rata pasta tersebut. Kemudian gunakan untuk menyikat gigi. Pasta ini akan membantu sikat gigi Anda untuk menghilangkan noda kuning yang sudah melekat terlalu lama pada gigi.

7. Daun salam

Bagi yang gemar memasak pasti tahu bentuk daun salam itu seperti apa. Daun salam yang biasanya dipergunakan ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan karena wanginya yang harum sehingga membuat semua masakan menjadi lezat, ternyata juga bisa memutihkan gigi lho. Beginilah cara menggunakan daun salam untuk mendapatkan gigi putih: ambilah beberapa lembar daun salam, keringkan dahulu di bawah sinar matahari kemudian haluskan daun salam yang sudah mengering itu, dan langsung oleskan pada seluruh permukaan gigi Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal lagi, Anda bisa memadukannya dengan kulit jeruk untuk digosokkan secara berbarengan pada gigi kuning.

8. Buah dan Sayuran

Sebenarnya tidak perlu jauh-jauh dan merasa repot untuk mendapatkan gigi putih Anda kembali. Cukup dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran yang garing atau dengan kata lain bukan buah atau sayuran yang bertekstur lembut atau lembek. Buah yang garing misalnya saja apel, dan pir. Sedangkan, sayuran yang garing adalah wortel, lobak, dan mentimun. Karena teksturnya yang garing atau keras mampu menyapu/menyikat kotoran yang menyebabkan gigi kuning.

9. Biji pinang

Biji pinang memang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, namun proses penggunaannya tidaklah semudah kulit jeruk dan daun salam. Jika Anda ingin menggunakan biji pinang untuk memutihkan gigi, Anda harus menjadikan biji pinang itu hitam seperti arang dengan cara membakarnya, kemudian jangan langsung dioleskan pada gigi Anda tapi gunakanlah bahan pelapis seperti kain bersih. Penggunaannya akan sangat efektif jika dilakukan sebanyak 2 minggu sekali.

10. Arang kayu

Selain berfungsi untuk memanggang makanan, ternyata arang kayu juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi kuning. Tapi arang kayu ini terlalu berisiko untuk digunakan secara intens pada gigi Anda karena dapat merusak gigi dan gusi Anda.

Itulah kesepuluh cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan putih cemerlang gigi Anda.

Comment di sini