CiriCara: Ciri-Ciri Wanita Terkena Kanker Serviks

iZiviso

Kanker leher rahim atau kanker serviks bisa terjadi pada semua wanita. Kanker ini tidak menunjukkan gejala apapun pada tahap awal namun pada fase lanjutan, gejala baru muncul. Karena tidak ada gejala awal, banyak orang tidak mengira ternyata dirinya telah mengidap kanker leher rahim atau serviks.

Human papilloma virus (HPV), penyebab dari kanker serviks, memiliki masa penginfeksian dari 10 hingga 20 tahun dan memasuki masa pra-kanker yang hanya bisa dideteksi melalui pap smear secara rutin bagi yang telah aktif secara seksual. Namun kanker ini juga bisa diakibatkan oleh radiasi dan paparan bahan kimia yang memicu pertumbuhan sel menjadi tidak normal. Mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker ini memang jalan yang terbaik sehingga kamu pun bisa lebih waspada. Ini dia ciri-ciri kanker serviks yang biasa menyerang diam-diam

Stadium dini

Pada awal penyakit ini menyerang biasanya tidak dijumpai gejala apapun. Tidak ada tanda-tanda yang khas muncul untuk mengindikasikan adanya kanker. Jalan yang bisa dilakukan adalah dengan pap smear secara teratur. Dengan ini seseorang bisa mendeteksi apabila ada pertumbuhan sel yang tidak normal. Pap smear harus dilakukan secara rutin.

Stadium lanjutan

Pada stadium saat kanker berkembang, ciri-cirinya pun menjadi sangat mudah terlihat seperti pendarahan pada orang yang telah menjalani menopouse. Bila seseorang telah menopouse namun tiba-tiba dia kembali haid sepertinya itu harus diwaspadai karena bisa saja itu adalah tanda-tanda kanker serviks. Pada saat berhubungan seksual, orang yang terkena kanker serviks biasanya juga akan merasa sakit.

Kemudian, akan keluar cairan putih yang encer seperti keputihan. Perbedaan antara keputihan yang sehat dan yang tidak sehat biasanya terletak pada baunya dan warnanya. Keputihan sehat biasanya tidak berwarna dan tidak berbau. Apabila dirasa tidak normal, segera pergi ke dokter.

Terasa sakit saat buang air kecil juga adalah salah satu tanda gejala kanker serviks stadium lanjut. Ini bisa berarti bahwa kanker telah menyebar hingga ke kandung kemih. Begitu juga dengan sakit di bagian panggul. Jangan meremehkan sakit yang terus menerus terjadi. Segera konsultasi ke dokter.


comments powered by Disqus

Leave a Reply