5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Orang Berdiet

by
June 18th, 2012 at 11:30 am

Anda memiliki masalah dengan berat badan? Putus asa karena metode diet yang Anda lakukan tidak membuahkan hasil yang signifikan? Jangan sembarangan melakukan metode diet, jika salah langkah malah Anda harus berbaring di rumah sakit.

Jika Anda ingin melakukan program diet, daftarlah jenis makanan apa saja yang harus dihindari. CiriCara telah merangkum 5 jenis makanan yang harus Anda masukkan dalam daftar makanan yang terlarang untuk dinikmati selama Anda berdiet.

Inilah kelima makanan terlarang untuk dikonsumsi agar terhindar dari berat badan berlebih.

1. Minuman Bersoda

Hal ini mungkin sudah diketahui banyak orang bahwa minuman soda dapat menyebabkan kegemukan. Selain itu, minuman ringan dengan sensasi karbonasi ini sama sekali tidak sehat untuk dikonsumsi. Seperti uji coba yang pernah dilakukan oleh para peneliti bahwa kandungan soda dalam minuman bersoda sangat keras sehingga mampu dipakai untuk membersihkan porselen pada kamar mandi. Kalau porselen saja bersih lalu bagaimana dengan usus kita? Maka hindarilah minuman bersoda jika ingin hidup sehat dan tidak mengalami kegemukan.

2. Kentang

Mitos beredar bahwa kentang sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Mungkin hal ini berlaku untuk para penderita diabetes, tapi nyatanya ini tidak bisa dipraktikkan oleh mereka yang mengalami masalah berat badan. Sebab penelitian di Harvard University mengungkap bahwa kentang malah memicu tubuh menjadi gemuk. Beberapa sampel penelitian mengalami peningkatan berat badan setelah mengonsumsi kentang. Ada baiknya Anda juga memasukkan kentang ke dalam daftar makanan yang harus dihindari saat berdiet.

3. Keju

Keju merupakan makanan hasil olahan dari susu sapi. Di dalam keju terdapat protein, kalori dan lemak yang sangat tinggi. Memang tubuh membutuhkan protein dan lemak, tapi tubuh tidak membutuhkan kalori yang tinggi. Orang dewasa hanya membutuhkan 1500 kalori untuk kegiatan dalam 1 hari, jadi kelebihan kalori yang masuk dalam tubuh Anda akan mengendap menjadi lemak dalam darah yang kemungkinan untuk dicernanya sangat kecil. Sebaiknya, kurangilah penggunaan keju dalam menu santapan Anda jika ingin menurunkan berat badan.

4. Camilan

Plaza Indonesia

Camilan memang termasuk makanan ringan tapi kandungannya berat bagi tubuh sehingga berat badan pun bisa langsung naik jika terlalu sering mengonsumsi camilan. Camilan yang biasanya diproduksi dengan cara digoreng akan menambah timbunan lemak dalam tubuh. Selain itu, camilan yang manis biasanya dibuat dengan menggunakan gula tambahan. Terlalu banyak asupan gula dan tidak diolah dalam tubuh untuk menjadi energi hanya akan membuat tubuh Anda mengidap penyakit jahat, seperti diabetes.

5. Pemanis Buatan

Media Indonesia

Hindarilah makanan dan minuman olahan yang menggunakan pemanis buatan. Anda bisa melihatnya di bagian daftar kandungan makanan pada setiap kemasan makanan dan minuman. Kenalilah nama-nama pemanis buatan seperti ini Sarbitol, Sucralose, Aspartame, dll.

Itulah kelima makanan yang harus Anda hindari jika ingin diet Anda berhasil. Mulailah dengan mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat sedikit terlebih dahulu jika memang Anda sudah terbiasa mengonsumsi kelimanya dalam jumlah besar. Latihlah diri untuk lepas dari kebiasaan mengonsumsi makanan tak sehat seperti di atas.