Macam-macam Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

by
June 18th, 2012 at 12:03 pm

Sakit kepala memiliki beragam macam dan tentu saja cara menghadapinya berbeda. Jangan sampai kamu salah mengenali sehingga malah bertambah parah. Kamu harus mengenali sakit kepala kamu sebelum memberikan penanganan yang tepat.

Mengetahui jenis sakit kepala yang sedang kamu alami bisa membantu menemukan obat yang tepat. Kalau kamu belum tahu macam-macam sakit kepala itu, ini dia macam-macam sakit kepala yang biasa mengganggu:

1. Migrain


Migrain bisa juga disebut dengan sakit kepala sebelah. Sakit kepala yang satu ini disebabkan oleh stres, masalah hormonal, makanan, dan cuaca. Gejala yang timbul biasanya peka terhadap cahaya, bau serta suara yang diikuti dengan mual, muntah dan berbagai gejala lainnya. Dua puluh persen penderita biasanya memiliki gangguan visual yang mendahului rasa sakit. Obat sakit kepala khusus migrain yang dijual di pasaran bisa  digunakan untuk ini. Yang bisa dilakukan agar migrain tidak mengganggu adalah perubahan gaya hidup dan menghindari stres.

2. Sakit kepala cluster


Walaupun sakitnya ada di belakang mata, ini termasuk dalam kategori sakit kepala. Sakit yang sangat menyiksa dan muncul sesaat setelah penderita tertidur ini biasanya hanya berlangsung beberapa jam saja, namun pada beberapa orang dapat bertahan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Penderita sakit kepala ini pada umumnya adalah laki-laki dan sangat jarang terjadi, namun cenderung terjadi setiap hari pada waktu yang sama.

Dokter menduga hal ini dipengaruhi oleh bagian otak yang bernama hipotalamus yang berfungsi untuk mengatur waktu. Sakit ini biasanya dipicu oleh alkohol serta rokok. Jika sakit muncul bisa diatasi dengan Triptans sedangkan untuk mencegah dapat menggunakan obat Rx serta melatonin.

3. Sakit kepala sinus


Sakit kepala ini sering kali dikira sakit kepala sebelah atau migrain. Sakit kepala yang satu ini tergolong sangat tidak biasa. Bila kamu memiliki sakit kepala diikuti dengan lendir yang keluar dari hidung juga rasa sakit di area mata dan hidung serta dibarengi dengan demam, berarti kamu terkena sakit kepala sinus. Sakit kepala ini disebabkan oleh infeksi akut di daerah sinus. Perawatan bisa dilakukan dengan OTC penghilang rasa sakit serta obat-obatan sinus.

4. Sakit kepala karena tegang


Sakit kepala ini adalah yang paling sering dialami oleh semua orang. Hampir 90 persen orang merasakan sakit kepala ini. Hal ini disebabkan oleh ketegangan yang ada di otot belakang leher serta otot kepala. Kepala merasakan tekanan disekitar kepala khususnya dahi dan tidak ada gejala lain yang menyertai sakit kepala yang satu ini. Sakit yang ditimbulkan dari yang ringan sampai yang sedang. Untuk mengobati sakit kepala ini, kamu bisa menggunakan penghilang rasa sakit OTC seperti ibuprofen dan naproxen . Jangan lupa luangkan waktu untuk melakukan yoga, tidur siang sejenak atau meditasi.

Itu dia 4 sakit kepala dan cara mengatasinya. Mudah sekali kan mengusir sakit kepala?

 

Comment di sini