Manfaat Yoga Untuk Tubuh Anda

by
June 18th, 2012 at 2:28 pm

Yoga merupakan salah satu olah raga alternatif yang dapat Anda lakukan setiap harinya. Tidak hanya bagus untuk kesehatan tubuh tetapi yoga bagus untuk menenangkan pikiran dan jiwa Anda dengan cara olah tubuh, aliran pernafasan, dan meditasi. Oleh karena itu, berikut ini adalah manfaat dari yoga yang bagus untuk tubuh Anda:

1. Kelenturan tubuh

Sebelum memulai yoga, ada salah satu pemanasan yang disebut dengan asanas.  Asanas mutlak dilakukan untuk melepaskan asam laktat pada tubuh yang menyebabkan kaku, tegang, sakit, dan mudah lelah. Pemanasan pada yoga tidak hanya bagus pada tubuh tetapi untuk semua sel-sel yang ada pada tubuh Anda. Setelah melakukan yoga dapat dilihat hasilnya yaitu kelenturan pada pundak dan badan Anda.

2. Otot menjadi kuat

Gaya yoga seperti Ashtanga dan Power yoga adalah yang paling kuat dibandingkan dengan gaya yoga lainnya. Dengan gaya seperti ini akan membuat otot Anda menjadi kuat. Untuk gaya Iyengar yoga, gerakan ini hanya bertumpu pada sedikit gerakan dan dapat membuat kekuatan dan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih meningkat.

3. Bentuk tubuh

Dengan adanya kelenturan dan kekuatan pada tubuh tentunya akan membuat bentuk tubuh Anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Selain itu, manfaat dari yoga yaitu dapat meningkatkan kesadaran yang tinggi pada diri Anda.

4. Pernafasan

Yoga dapat membuat pernafasan Anda menjadi teratur sehingga mempengaruhi penampilan Anda sepenuhnya. Gerakan yoga keseluruhannya menekankan pada panjang dan dalamnya nafas Anda, selain itu dapat membuat rileks.

5. Mengurangi stres

Ada beberapa gerakan yoga yang memakai cara meditasi khusus sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang. Untuk gerakan yoga lainnya tergantung pada teknik pernafasan yang dalam untuk dapat memfokuskan pikiran menjadi lebih tenang.

6. Meningkatkan konsentrasi

Dalam penelitian menyebutkan bahwa ada yoga bisa membantu konsentrasi dan mengurangi depresi. Selain itu, fungsi  otak menjadi lebih meningkat karena adanya aliran oksigen ke otak. Yoga pun sangat bagus untuk terapi meringankan gangguan kecemasan.

7. Kesehatan jantung terjaga

Yoga yaitu dapat memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Memperlambat denyut jantung sangat berguna bagi orang yang terkena penyakit jantung, hipertensi, dan stroke.

Memang tidak perlu diragukan lagi manfaat dari yoga. Hanya perlu waktu untuk terbiasa dalam melakukan gerakan-gerakan yoga dan Anda sendiri bisa rasakan manfaatnya.. ;)

Comment di sini